Jakarta (ANTARA) - Honda mencatat penjualan retail sebanyak 11.590 unit mobil pada Oktober 2022, ditopang tiga model Honda yaitu Brio, All New Honda HR-V serta All New Honda BR-V.

Secara total, penjualan Honda periode Januari hingga Oktober 2022 telah terkumpul sebanyak 99.983 unit, atau lebih besar 46 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, bahwa penjualan retail Honda di bulan Oktober masih terdampak pasokan chip semikonduktor yang belum stabil sehingga menyebabkan kapasitas produksi menurun.

"Kondisi ini kemungkinan masih akan berlangsung untuk beberapa model tertentu hingga akhir tahun 2022, dan karena itu kami memohon maaf kepada konsumen yang harus lebih lama menunggu produk yang telah dipesan," kata dia dalam siaran resmi, Rabu.

Baca juga: Honda WR-V debut global di Indonesia, harga mulai Rp271 juta

"Meskipun demikian, kami optimis pasokan komponen akan berangsur membaik pada awal tahun 2023, sehingga kami dapat secepat mungkin mengirimkan produk kepada konsumen," kata Yusak.

Honda Brio menjadi model dengan penjualan tertinggi yakni sebesar 5.528 unit, atau sekitar 48 persen dari total penjualan HPM pada bulan Oktober 2022. Penjualan Brio terdiri dari Honda Brio Satya sebesar 3.938 unit dan Honda Brio RS sebesar 1.590 unit.

Sementara All New Honda HR-V berkontribusi sebesar 25 persen dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 2.893 unit di bulan Oktober. Model SUV lainnya, yaitu All New Honda BR-V yang juga berkontribusi sebesar 17,30 persen dari total penjualan HPM dengan penjualan sebanyak 2.005 unit.

Model Honda lainnya juga turut memberikan kontribusi terhadap penjualan Honda pada bulan Oktober 2022 yaitu Honda City Hatchback RS sebesar 540 unit diikuti oleh New Honda CR-V dengan 488 unit, Honda Mobilio 59 unit. Kemudian untuk jajaran mobil sedannya, All New Honda City 38 unit, diikuti All New Honda Civic RS terjual 23 unit dan New Honda Accord 16 unit.

Baca juga: Honda Accord generasi ke-11 lahir di AS, begini tampilannya

Baca juga: Honda Pilot generasi keempat dipasarkan ke AS tahun depan

Baca juga: Honda perkenalkan mobil konsep elektrik e:N2 Concept di China

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022