Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor bersama Gugah Nurani Indonesia (GNI) menggelar program Literasi Anak Melalui Perpustakan Umum (LAMPU) untuk meningkatkan kapasitas literasi anak dan orangtua di Bojongmangu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Hyundai dan Plana hadirkan "Sustainability Area" di GIIAS 2022

Program yang berjalan selama dua tahun sejak sejak Januari 2020 itu melibatkan 20 sekolah dasar di enam desa, yaitu Sukabungah, Sukamukti, Bojongmangu, Medalkrisna, Karangindah, dan Karangmulya. Secara total, terdapat 31.362 anak-anak dan dewasa yang mendapatkan manfaat program itu.

Ketua Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI), Setyo Warsono menjelaskan program itu memanfaatkan tiga mobil Hyundai yang dimodifikasi menjadi perpustakaan umum. Mobil yang dirancang untuk kenyamanan membaca itu dinilai memiliki mobilitas yang luas untuk memberikan akses buku bacaan di desa-desa tersebut.

"Apresiasi yang besar diberikan kepada Hyundai Motor yang telah mendukung program literasi di Kabupaten Bekasi demikian juga dukungan kebijakan dan anggaran dari Pemda Bekasi untuk mengatasi masalah literasi di Kecamatan Bojongmangu," kata Setyo Warsono dalam siaran resmi, Senin.

Selain menyediakan perpustakaan keliling, fokus kedua program itu adalah pengembangan kapasitas pengajar melalui pelatihan guru-guru sekolah dasar dengan materi metode belajar kreatif, jurnalisme, dan bahasa Inggris. Sementara untuk anak-anak, tersedia materi jurnalisme dan kelas Fun English.

Anak-anak yang mendapatkan pelatihan itu kemudian tampil pada perayaan Hari Anak Universal di Kapubaten Bekasi yang diselenggarakan di Cikarang, Jawa Barat. Mereka menampilkan kemampuan pidato dalam bahasa Inggris, mendongeng cerita hasil karya sendiri, bahkan peluncuran buku kompilasi "Kipi dan Elang Bertali" yang berisi cerita pendek karya 13 murid dan guru dari Bojongmangu.

Sebagai bentuk keberlanjutan kegiatan itu, mereka kemudian membangun Child Friendly Learning Space di enam desa, sebagai fasilitas edukasi untuk warga setempat. Adapun tiga unit mobil perpustakaan keliling diserahkan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bekasi.


Baca juga: Hyundai Andalan gelar "Stargazer Weekend" dengan promo serupa GIIAS

Baca juga: Hyundai Pluit jamin Stargazer "ready stock"

Baca juga: Hyundai resmi luncurkan Stargazer di GIIAS 2022
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022