Tangerang (ANTARA) -
Pabrikan otomotif PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengenalkan sejumlah kendaraan hijaunya, salah satunya adalah Daihatsu Ayla EV yang hadir perdana di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Tangerang, Kamis.

"Kami juga fokus ke depannya, untuk berkontribusi dalam mengurangi emisi CO2 lebih lanjut melalui elektrifikasi," kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Yasushi Kyoda dalam sambutannya di GIIAS hari pertama.

Ia melanjutkan, mobil kompak ini memiliki tingkat konsumsi bahan bakar rendah dan menghemat sumber daya, yang perusahaan pikir dapat berdampak sangat ramah terhadap lingkungan global, dan perusahaan telah berkontribusi pada pengurangan emisi CO2.

Baca juga: Google Trends: Minat penelusuran merek EV naik 300 persen

Soal Agya EV, Marketing Director dan Corporate Planning Director PT ADM Sri Agung Handayani mengatakan pihaknya memilih Agya karena merupakan kendaraan segmen LCGC pertama Daihatsu yang dikembangkan. Sehingga, perusahaan sudah familier dan memiliki bahan riset terkait pengembangan kualitas, keamanan, kebutuhan masyarakat Indonesia.

Handayani menekankan bahwa Agya EV masih hadir sebagai concept car, dan sedang dalam tahap studi dan persiapan lebih lanjut.

"Yang jelas, kita membawa concept car yang kita kembangkan sendiri, dan bagaimana supply chain-nya mampu melibatkan industri lokal dan UMKM," kata dia saat ditemui wartawan.

Sementara itu, Daihatsu menghadirkan booth dengan suasana baru dan berbeda di pameran yang berlangsung di ICE BSD pada pada 11–21 Agustus 2022.

Daihatsu menampilkan total 9 unit di GIIAS 2022. Selain Ayla BEV, ada juga Rocky e-Smart Hybrid; modifikasi Terios bertema Terios 7 Wonders dan Xenia Sport; 1 unit Rocky yang telah dilakukan penyegaran; serta 4 unit model Xenia, Sigra, Ayla, dan Sirion.

Terdapat fasilitas lainnya seperti Run Challenge with AR, R&D Corner, paket penjualan spesial selama GIIAS 2022 berlangsung, serta test drive.

Baca juga: Hino bawa truk listrik hingga kendaraan Euro4 terbaru di GIIAS 2022

Baca juga: Hadiri GIIAS, Menko Airlangga apresiasi mobil listrik Isuzu Elf EV

Baca juga: Transisi menuju EV perlu ditunjang peningkatan SDM dan manufaktur
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022