Jakarta (ANTARA) - PT Astra Daihatsu Motor (PT ADM) resmi meluncurkan New Sirion 2022 pada 2 Juni 2022 lalu. Seiring dengan peluncuran tersebut, pabrikan terus berupaya mempromosikan kendaraan andalan di segmen city car yang telah disegarkan itu di pasar otomotif dalam negeri. 

Terbaru, mereka menggelar test drive Daihatsu New Sirion di kawasan dataran tinggi di Sulawesi Utara, pada Selasa (21/6) hingga Kamis (23/6).

Melalui kegiatan tersebut, Daihatsu berharap media memperoleh pengalaman menyeluruh mengendarai kendaraan yang pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada 2007 lalu itu.

ANTARA berkesempatan menjajal kenyamanan, ketangkasan, dan akselerasi berkendara New Sirion di berbagai destinasi, mulai dari daerah perkotaan di Manado hingga kawasan dataran tinggi di Tomohon. Mobil yang disediakan adalah tipe tertinggi, yakni R CVT.

Baca juga: Daihatsu luncurkan New Sirion

Baca juga: All New Sirion Deluxe hadir

Hari pertama perjalanan dimulai dari Bandara Sam Ratulangi di Manado menuju Danau Linow yang terletak di Tomohon dengan jarak sekitar 43 KM.

Rasa nyaman terasa saat perdana berada di balik kemudi New Sirion, dengan paduan kursi empuk semi bucket dibalut material kain dan setir yang telah dilapisi kulit.

Ketinggian dan sandaran kursi juga bisa diatur menyesuaikan posisi pengemudi. Visibilitas pun terasa baik dengan pilar A yang tidak mengganggu.

Hanya saja, roda kemudi New Sirion belum memiliki pengaturan teleskopik sehingga pengaturan stir hanya bisa dinaikturunkan.

Ruang interior New Sirion didominasi material plastik dengan sentuhan bahan lembut di sisi doortrim serta panel black glossy di beberapa bagian dashboard yang memberi kesan elegan.

Saat tombol start engine ditekan lalu pedal gas diinjak dalam, kesan pertama yang terasa adalah akselerasi mantap dengan tenaga dan torsi yang tergolong instan.

Berbekal mesin 1NR-VE, DOHC, Dual VVT-i, 1.329 CC, 4-silinder, 16 katup dengan tenaga 95 PS dan torsi 12,2 kg-m, jalanan kota Manado yang didominasi lintasan lurus terasa mudah "ditaklukkan".

Jalanan kota Manado yang tidak terlalu lebar kerap membuat lalu lintas tersendat. Bahkan, terjadi kemacetan di sejumlah titik, seperti di persimpangan jalan.

Dalam situasi tersebut, ANTARA coba mengaktifkan Idle Stop System, sebuah fitur yang berfungsi mematikan sementara kinerja mesin secara otomatis ketika kendaraan berhenti.

Dengan adanya fitur ini, Konsumsi bahan bakar akan lebih hemat. Fitur Idle Stop System diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 10 persen. Fitur ini dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan oleh pengemudi sesuai kebutuhan.

Memasuki kota Tomohon, jalanan yang dilalui mulai menanjak dan berkelok. Meski dirancang sebagai kendaraan perkotaan, ternyata mobil yang diimpor dari Malaysia itu tergolong tangguh melibas medan jalan di kota berjuluk seribu bunga.
 
Daihatsu New Sirion saat bermanuver di jalur menanjak di kawasan Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (22/6/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Tenaga mobil terus terisi saat pedal gas diinjak dalam. Terlebih, ketika transmisi dipindah ke mode S atau sport yang membuat akselerasi New Sirion terasa mumpuni melibas tanjakan yang tajam dan berkelok.

Ketangguhan tersebut nampaknya tak lepas dari peran transmisi baru D-CVT yang disematkan pada New Sirion. Transmisi tersebut meningkatkan akselerasi berkendara menjadi lebih responsif.

Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan, ANTARA tiba di Danau Linow yang memiliki pemandangan indah. Dikutip dari sejumlah sumber, Danau Linow merupakan danau vulkanik yang terbentuk karena letusan gunung berapi sekitar 500.000 tahun silam.

Danau dengan komposisi kimiawi dan jumlah belerang yang sangat besar itu memiliki keunikan warna permukaan air yang kerap berubah mulai dari merah, hijau tua, dan bahkan biru gelap.

Setelah puas mengabadikan momen di Danau Linow, rombongan melanjutkan perjalanan ke Rumah Panggung Woloan yang merupakan rumah adat tradisional Minahasa.

Selama perjalanan, ANTARA menjajal fitur pada headunit baru yang disematkan di New Sirion. Headunit tersebut dapat terkoneksi langsung dengan smartphone karena telah didukung teknologi Android Auto dan Apple CarPlay.

Adanya fitur baru tersebut membuat perjalanan semakin menyenangkan. Audio yang dihasilkan juga terasa cukup untuk mobil berukuran compact.

ANTARA juga menjajal mode B pada transmisi. Mode B atau Brake membantu menstabilkan mobil saat berada di jalan menurun yang cukup curam. Mode ini memiliki sistem kerja seperti engine brake yang bisa memperlambat laju kendaraan. Hari pertama berkendara dengan New Sirion berjalan lancar dan menyenangkan.

Baca juga: Spesifikasi dan varian New Ayla dan Sirion 2020

Memasuki hari kedua, perjalanan dilanjutkan ke dua destinasi wisata yaitu Tetetana dan Tuur Maasering. Tetetana merupakan objek wisata dataran tinggi yang menawarkan pemandangan indah dengan latar kota Manado tua, Gunung Klabat, hingga Taman Nasional Bunaken yang terlihat dari kejauhan.

Sedangkan Tuur Ma'asering adalah tempat wisata baru yang menawarkan nuansa hutan pohon aren rindang, serta bangunan kafe yang terbuat dari kayu dan bambu dengan perpaduan wisata alam dan kebudayaan.
 
Daihatsu New Sirion saat terparkir di Puncak Tetetana di kawasan Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (22/6/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Jalur yang terhampar untuk menuju dua lokasi tersebut didominasi tanjakan curam dan berkelok. Pada kondisi ini, keberadaan fitur Hill Start Assist pada New Sirion sangat membantu.

Fitur tersebut mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik. Hal itu memberi kemudahan saat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika ingin bermanuver.

Untuk urusan handling, ANTARA merasakan New Sirion cukup mudah dikendalikan dan relatif stabil saat melibas jalan menikung dalam kecepatan cukup tinggi.

Lingkar kemudi juga terasa presisi dan mudah diajak bergerak tangkas sehingga membuat unsur Fun to Drive pada mobil ini semakin terasa.

Adapun bantingan suspensi terasa kaku. Sementara untuk kekedapan kabin dirasa cukup. Suara bising dari luar mobil tidak terlalu masuk ke dalam kabin.

Perjalanan pada hari ketiga dimulai menuju destinasi Pasar Ekstrem Tomohon. Sesuai namanya, pasar ini menjual bahan makanan yang "tidak umum", seperti daging ular, kelelawar, hingga tikus. Pasar daging hewan liar Tomohon ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Astra Daihatsu Martadinata yang berlokasi di Kota Manado untuk melakukan outlet tour sekaligus menjadi destinasi penutup pada acara selama tiga hari tersebut.
 
Daihatsu New Sirion terparkir di Astra Daihatsu Martadinata, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (23/6/2022) (ANTARA/Fathur Rochman)


Pada perjalanan hari terakhir, ANTARA mencoba fitur air purifier yang menjaga sirkulasi udara lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin mobil. Fitur ini terasa berguna saat berada di perkotaan yang rentan polusi udara.

Penggunaan transimisi D-CVT juga membuat mobil terasa agresif saat melibas jalanan perkotaan di Manado. Desain meter cluster MID yang lebih modern dengan opsi pilihan menu yang informatif menambah kesenangan saat berkendara.

Secara keseluruhan, Daihatsu New Sirion menawarkan kenyamanan yang ideal untuk mobil segmen city car. Meski terlihat compact, ruang kabin mobil ini ternyata cukup luas dan memadai. Desainnya yang sporty juga cocok untuk segmen anak muda.

Selain itu, performa dan akselerasi New Sirion juga mumpuni, baik saat dikendarai di perkotaan maupun dataran tinggi. Penambahan sejumlah fitur baru yang fungsional turut membuat pengalaman berkendara di New Sirion semakin menyenangkan.

Bagi Anda yang tengah mencari mobil segmen low city car yang nyaman, stylish, dan menawarkan rasa berkendara menyenangkan, rasanya Daihatsu New Sirion bisa menjadi alternatif pilihan yang pantas dipertimbangkan.

Daihatsu New Sirion tersedia dalam dua varian dengan transmisi D-CVT dengan harga masing-masing Rp227.600.000 untuk varian 1.3X dan Rp236.800.000 untuk varian 1.3R (harga OTR DKI Jakarta).

Baca juga: New Sirion terjual 65 persen dari target sejak awal diluncurkan

Baca juga: Daihatsu New Sirion hanya ditarget laku 100 unit per bulan

Baca juga: Daihatsu New Sirion hadir dengan harga mulai Rp227 juta
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022