Jakarta (ANTARA News) - BMW Group Indonesia meluncurkan model MINI Countryman dengan dua varian yaitu MINI Cooper Countryman dan MINI Cooper S Countryman di Jakarta pada Jumat.

Presiden Direktur BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan mengatakan MINI Countryman merupakan model pertama MINI dengan empat pintu dan tutup bagasi yang dapat terbuka lebar dipadu dengan ground clearance.

MINI Countryman juga memiliki standar keamanan yang tinggi dalam hal keselamatan penumpang, terbukti model itu menerima penghargaan bintang lima dalam uji tabrak Euro NCAP.

"Model itu hadir dengan ruang interior lebih lega dan lebih fungsional yang sudah pasti akan menarik fans-fans baru di Indonesia,” katanya.

MINI Countryman hadir dengan dua mesin bensin generasi baru. Mesin yang dipasang pada MINI Cooper Countryman sanggup menghasilkan tenaga 120 dk, dan 184 dk untuk mesin yang terpasang pada MINI Cooper S Countryman.

"Spesifikasi mobil sudah disesuaikan dengan kontur Indonesia," kata Presiden Direktur PT. Maxindo International Nusantara Indonesia Joe Surya.

Mesin MINI Cooper S Countryman memiliki mesin empat silinder berkapasitas 1,6 liter dan dilengkapi dengan twin-scroll turbocharger, direct injection, dan fully variable valve management. Mesin itu juga dilengkapi dengan  transmisi otomatis enam percepatan dengan Steptronic. Adapun untuk warna tersedia pilihan non-metalik seperti Pure Red, Bright Yellow, Light Coffee, Surf Blue dan Light White.

Bagian depan MINI Cooper Countryman memiliki tampilan khas berupa tiga potongan kisi-kisi grill horizontal warna silver.  Bagian atap serta kap kaca spion model ini memiliki warna yang sama dengan warna bodi, selain itu dilengkapi pula dengan roof rail, serta glass roof elektrik. Sistem hiburan dan komunikasi pada MINI Cooper Countryman meliputi Radio MINI Boost CD, serta  Bluetooth hands-free dengan USB interface.

MINI Cooper S Countryman memiliki desain hexagonal warna hitam serta air intake ekstra yang menyatu dengan gril, dan juga ventilasi untuk rem. Juga tersedia beberapa pilihan warna metalik yang eksklusif antara lain Oxford Green, Crystal Silver, True Blue, Absolute Black, Royal Grey, dan Cosmic Blue. Model itu juga dilengkapi audio berkualitas tinggi Harman Kardon Hi-Fi Soundsystem, Radio MINI Visual Boost dengan MINI Connected, Bluetooth hands-free dengan USB interface, serta voice control.

Eksteriornya memiliki kap mesin dengan strip warna hitam atau putih, kap atas warna hitam atau putih yang juga senada dengan warna kap kaca spion, glass roof elektrik, garis krom, headlight warna hitam, lampu bi-xenon, spoiler belakang, serta velg aluminum 18 inci dengan 5 star double spoke Light Anthracite dengan Run-flat tires. Sementara Interior, model itu memiliki sport seat bagi pengemudi dan penumpang di bagian depan, roda kemudi kulit dengan gearshift paddle, serta kemudi multifungsi dengan cruise control dan light package.

MINI Countryman juga mengusung fitur-fitur keselamatan dan keamanan tingkat tinggi, mencakup Dynamic Traction Control (DTC) dan Dynamic Stability Control (DSC) yang meliputi rem ABS anti-lock, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Cornering Brake Control (CBC), Brake Assist, dan Hill Assist. Semua MINI yang dibeli melalui MAXINDO, Exclusive Partner MINI di Indonesia akan mendapatkan MINI Service Inclusive, berupa perawatan rutin cuma-cuma selama 5 tahun atau 70,000 km dan garansi dua tahun tanpa batas kilometer.

Model MINI Cooper Countryman dijual senilai Rp. 579 juta dan MINI Cooper S Countryman dijual senilai Rp. 659 juta. Sejauh ini, MINI sudah terjual 37 unit sejak diluncurkan tahun lalu. MINI Indonesia juga akan membuka showroom MINI terbaik di dunia yaitu di Arteri Pondok Indah, Jakarta.
(adm)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012