Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan riset Frost & Sullivan memperkirakan tahun ini penjualan mobil di Indonesia akan naik moderat sebesar 6,5 persen dari tahun sebelumnya menjadi 948.500 unit.

Menurut Vice President Automotive Practice Frost & Sullivan Asia Pasifik Vivek Vaidya di Jakarta, Rabu, perekonomian yang stabil, sentimen positif konsumen dan penawaran model-model baru akan menopang peningkatan penjualan mobil tahun ini.

Selama 2012, dia menambahkan, para produsen akan meluncurkan antara 25 sampai 30 model baru baru ke pasar Indonesia. Ini akan mendorong penjualan.

Sementara Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto mengatakan kondisi ekonomi makro yang membaik tahun ini dan potensi peningkatan permintaan dari populasi penduduk yang besar akan mendorong peningkatan penjualan mobil dalam negeri.

"Selanjutnya tidak mustahil Indonesia bisa memimpin pasar otomotif di ASEAN dengan industri yang maju, produksi komponen besar dan angka penjualan tinggi," katanya.

Lebih lanjut Vivek juga mengatakan bahwa jika kondisi ekonomi global tahun ini makin kondusif dan kebijakan otomotif domestik makin baik maka penjualan mobil di Indonesia bisa menembus angka satu juta unit.

Kalau berhasil mencapai penjualan mobil satu juta unit maka, lanjut dia, produsen otomotif global akan memperhitungkan Indonesia sebagai pasar maupun basis produksi mereka.

"Tapi untuk saat ini kemungkinan untuk mencapai angka satu juta unit tampaknya masih rendah," katanya.


Segmen Penopang


Frost & Sullivan memproyeksikan tahun ini peningkatan penjualan mobil akan ditopang oleh penjualan mobil berpenggerak dua roda (segmen 4X2) seperti mobil multiguna (Multi Purpose Vehicle/MPV), mobil kompak perkotaan dan mobil sport (Sport Utility Vehicle/SUV).

Vivek memperkirakan, penjualan mobil segmen 4X2 tahun ini meningkat 6,5 persen dari tahun lalu menjadi 606.100 unit.

Penjualan kendaraan berpenggerak empat roda (4X4), kata dia, juga akan tumbuh 12,3 persen dari tahun lalu menjadi 6.380 unit berkat dukungan model-model populer merek premium seperti Pajero dan Ford Ranger.

Selain itu, ia menambahkan, bersamaan dengan pertumbuhan ekonomi penjualan truk bak terbuka tumbuh 7,6 persen menjadi 286.281 unit tahun 2012.

Penjualan mobil kabin ganda juga tumbuh 8,1 persen dari tahun lalu menjadi 20.183 unit.

Hanya penjualan mobil sedan tahun ini diperkirakan turun 4,5 persen menjadi 25.520 unit karena sebagian konsumen beralih ke model SUV dan mobil kompak perkotaan.

(M035)
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012