Jakarta (ANTARA News) - Penjual kendaraan merek Saab seperti Bernie Moreno dan timnya mendapatkan cara   menghabiskan stok Saab terbaru.

Saab Automobile bangkrut pada 19 Desember di Swedia, namun dealer Saab di Olmsted Utara, Amerika Serikat,  mampu menjual 55 Saab baru pada minggu lalu.

Moreno memiliki 122 mobil pada 20 Desember senilai sekitar $ 5 juta. Bagaimana ia menjual demikian banyak? dia memangkas harga dan berbelanja iklan dalam jumlah besar.

Moreno adalah presiden dari Grup Auto Collection, dealer di wilayah Cleveland yang menangani merek seperti Acura, Infiniti, Mercedes-Benz dan Saab.
Ini kiatnya :

Pertama, pasang stiker diskon 25-45 persen.
Moreno rugi dari setiap penjualan Saab tapi penyelesaian dengan Saab Cars North America bisa mengembalikan semua atau sebagian kerugiannya.

Mobil-mobil baru dijual "sebagaimana adanya," artinya tidak ada garansi karena Saab mengajukan likuidasi. Pembeli di tokonya ditawarkan perpanjangan kontrak layanan dari Fidelity Garansi Services Inc.

"Untuk pembeli baru, kami menawarkan mereka  kontrak servis yang pada dasarnya adalah garansi Saab,  selama lima tahun dan 60.000 mil. Biaya untuk pelanggan adalah $ 1.995," katanya.

Sebelumnya, Garansi Saab sebanyak empat tahun/50, 000 mil.

Sekitar 100 ribu dolar AS dihabiskan di TV dan media cetak untuk iklan yang dimulai 26 Desember
"Kami ingin benar-benar setransparan mungkin dan tidak membuat penjualan palsu. Ini benar-benar persis apa yang diiklankan, yang merupakan likuidasi," katanya.

Sebanyak 55 mobil terjual pada minggu lalu, sembilan dijual ke sebuah perusahaan rental mobil.

Terhadap 46 pembeli ritel, Moreno mengatakan "hanya sekitar setengah dari pelanggan memilih untuk membeli perpanjangan kontrak servis.

Moreno mengaku terkejut banyak pelanggan memilih untuk membeli mobil baru berlabel "sebagaimana adanya" tanpa garansi.

"Saab adalah mobil yang relatif baik," katanya. Tapi, "Kami tidak menyarankan pembelian tanpa garansi. Kami akan menanyakan para pelanggan dalam beberapa minggu kedepan, 'apakah anda benar-benar yakin dengan apa yang anda ingin lakukan?'. "

Dari 67 mobil yang tersisa, Moreno mengatakan 12 unit akan digunakan sebagai pengganti unit yang diservis: "Kami akan menservis Saabhingga jauh-jauh hari ke depan."

Moreno percaya Saab yang tersisa akan cepat terjual. Dia tidak merencanakan membuat iklan tambahan.

"Kalau kami menjual 55 dalam satu minggu, Saya yakin bahwa kami bisa menjual 55 unit dalam dua minggu mendatang. Pada dasarnya, kami ingin menghabiskan." (adm)






Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012