Jakarta (ANTARA News) - All New Avanza  yang diluncurkan pekan lalu akan mulai didistribusikan ke pelanggan pada pekan depan. Inden sementara mencapai lebih dari 1.500 unit.

"Pelanggan mulai bisa menerima Avanza baru, pekan depan," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan sejak 7 November  produksi mobil serbaguna (MPV) kecil tersebut hanya untuk keperluan peluncuran dan baru pekan depan masuk ke dealer.

Menurut Joko, model baru biasanya mendapat reaksi yang cepat dari konsumen, baik berupa pengalihan pembelian dari model Avanza lama ke model baru, atau bahkan ada konsumen dari merek lain beralih ke model baru tersebut.

"Biasanya model baru mendorong permintaan pasar mobil," ujarnya

Joko mengatakan Avanza bersama saudara kembarnya Xenia, menguasai sekitar 26 persen pasar mobil secara nasional. Pada Januari-Oktober, penjualan kedua model tersebut telah mencapai 195.827 unit atau 26,2 persen dari pasar mobil secara nasional .

"Permintaan Avanza bisa mencapai 18 ribu unit per bulan, namun kemampuan pasok hanya sekitar 12-14 ribu unit," kata Joko.

Ia optimistis mobil yang mengalami perubahan model secara total tersebut akan mendapat sambutan pasar domestik. All New Avanza dan veloz, kata dia, dilengkapi dengan Electronic Power Steering (EPS), serta suspensi  rear MacPherson Struts Multi Link dengan spring upper isulator yang mampu mengurangi guncangan dan memberi kenyamanan saat mengendarai.
(ANT)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011