Palu (ANTARA News) - PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) selama Januari-November 2011 menjual 24.000 truk Hino atau melampaui target penjualan secara nasional sebanyak 23.000 unit.

Direktur PT HMSI Toshiro Mizutani saat peresmian kantor cabangnya di Palu, Jumat, mengatakan, pada 2012 PT HMSI menargetkan penjualan sebanyak 30 ribu truk mengingat tingginya permintaan masyarakat terhadap produk Hino.

Untuk memenuhi target itu, kata Mizutani pada pembukaan kantor pelayanan Hino di Palu, pihaknya akan menaikkan kapasitas produksi dari 30 ribu unit pada 2011 menjadi 50 ribu unit pada 2012.

PT HMSI saat ini memiliki 1.500 toko dan 68 kantor pelayanan konsumen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Lebih lanjut, dia mengatakan pangsa pasar truk tipe "dutro" saat ini sekitar 20 ribu, meningkat 50 persen dari tahun sebelumnya. Sementara untuk truk tipe "ranger" naik hingga 60 persen.

"Tipe `ranger` ini telah bertahan sebagai peringkat pertama di kelasnya selama 11 tahun," kata Mizutani.

Sementara itu Johny Limbunan, pemilik PT Patraco Motor Abadi (PMA) mengaku bersedia membangun kantor cabang PT HMSI mengingat permintaan truk tersebut terus meningkat di wilayahnya.

Dia mengatakan, wilayah Sulawesi Tengah yang banyak terdapat lahan perkebunan dan pertambangan sangat cocok untuk produk kendaraan truk.

"Kondisi ini merupakan pasar potensial bagi industri kendaraan komersial," ujar Jhony.
(R026)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011