Jakarta (ANTARA) - PT Honda Prospect Motor (HPM) pada awal tahun 2022 telah resmi menghadirkan All New Honda BR-V yang sebelumnya dibalut dengan label Honda N7X ketika masih sebagai kendaraan konsep.

Tidak begitu lama, setelah All New Honda BR-V, hadir penantang baru dari Suzuki yakni XL7 FF yang dirilis di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022.

Lalu, apa kelebihan dan pembaruan yang ada pada All New Honda BR-V dan Suzuki XL7 FF?

All New Honda BR-V yang diproduksi di Indonesia, ditargetkan bisa terjual 40.000 unit setahun, sedangkan ekspornya diharapkan mencapai 10.000 unit.

Baca juga: Suzuki luncurkan XL7 FF dibanderol Rp300 jutaan

Untuk melancarkan target itu, Honda telah menyuplai berbagai fitur dan juga teknologi mutakhir untuk All New Honda BR-V demi memikat konsumen setianya di Indonesia.

Pembaruan dari berbagai sisi pun dilakukan oleh masing-masing pembuat BR-V baru dan XL7 FF untuk merebut pasar di segmen Low Sport utility Vehcile (LSUV) yang diketahui sedang meningkat.

Dalam hal ini, Honda telah memberikan berbagai penyegaran kepada generasi kedua dari BR-V ini, mulai dari desain yang memadukan dan ketangguhan dari sebuah SUV, kenyamanan kabin dan fungsionalitas dari sebuah MPV, serta performa berkendara menyenangkan dan efisiensi bahan bakar yang menjadi ciri khas mobil Honda.

Sedangkan Suzuki XL7 Alpha FF atau singkatan dari Finest Form dari XL7 mendapatkan sederet pengembangan baru pada interior dan eksterior yang membuatnya mampu menyajikan pengalaman berkendara yang semakin impresif dan penuh gaya.

Sisi luar

Eksterior All New Honda BR-V hadir dengan bentuk bodi yang dinamis dengan garis tegas yang menyatu dari bagian depan hingga belakang. Pada bagian depan, Honda menyematkan tampilan yang terlihat sangat agresif dan tidak tertinggal kesan sporty-nya.

Hal itu terlihat berkat hadirnya desain baru LED Headlamp yang dilengkapi LED Daytime Running Light yang menyatu dengan grille depan. Sedangkan pada bagian belakang, mobil ini mengusung Rear Combi Lamp desain baru yang dilengkapi dengan LED Light Bars yang dirancang menyatu dengan garis bodi.

Sementara kesan tangguh dari sebuah SUV semakin kuat berkat hadirnya desain velg velg 17 inci baru yang lebih agresif.

Sedangkan penantangnya, Suzuki XL7 Alpha FF ini hadir dengan desain yang sudah berkarakter, bodi XL7 Alpha FF dibalut dalam warna Bold Two-Tone Color (Hitam & Putih) yang semakin menguatkan kesan stylish.

Selain itu, kehadiran Black & Red Accent Body Color di beberapa bagian bodi menjadikan XL7 Alpha FF semakin terlihat tangguh dan mewah sehingga memberikan kepercayaan diri kepada pengendara.

Baca juga: Deretan mobil dan motor baru yang diperkirakan meluncur di IIMS 2022
Interior dari All New Honda BR-V (ANTARA/Chairul Rohman)

Sisi dalam

Tidak kalah pada bagian luar, kedua kendaraan ini juga telah menerima berbagai pembaharuan pada sisi dalamnya. All New Honda BR-V misalnya, sudah dibekali dengan area kokpit yang dirancang dengan baik untuk memberikan ruang yang nyaman dan lapang bagi pengemudi dan penumpang.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan 1st Row Console Armrest dan 2nd Row Seat Armrest agar penumpang di setiap baris dapat semakin menikmati pengalaman berkendara.

All New Honda BR-V dilengkapi dengan layar 4.2 inci Thin-Film Transistor (TFT) Display pada dashboard untuk menampilkan berbagai informasi akurat saat berkendara seperti fungsi Honda Sensing, rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh perjalanan dan sisa bahan bakar, yang dipadukan dengan sistem audio video baru dengan layar sentuh 7 inci. Perangkat ini juga sudah berfitur Smartphone Connection dan Hands-Free Telephone.

Baca juga: Hyundai Creta vs All New Honda HR-V, siapa lebih unggul?

Menambah kesan yang elegan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Bahan kulit yang sudah disematkan di berbagai area seperti di sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

Untuk Suzuki XL7 Alpha FF juga mengusung berbagai perubahan yang dinamis, seperti jok XL7 Alpha FF yang sudah dibungkus dalam Black Eco Leather Seat with Red Accent yang memberikan kesan premium dan modern.

Selain itu, kualitas suara pun tak luput dari perhatian karena XL7 Alpha FF memiliki DSP Soundstream 5 CH & Subwoofer Soundstream 10 inci untuk meningkatkan kualitas tata suara yang dihasilkan dari Head Unit 8 inci. Hal ini tentunya dapat menambah kenyamanan dan kemewahan saat berkendara.
Suzuki XL7 Alpha FF (ANTARA/Chairul Rohman)
 

Sistem keamanan

Honda tidak tanggung-tanggung memberikan sistem keamanan untuk Honda BR-V generasi kedua seperti hadirnya teknologi keselamatan canggih Honda SENSINGTM. Kehadiran teknologi Honda Sensing ini merupakan yang pertama kali bagi model Honda BR-V di Indonesia, setelah sebelumnya disematkan pada mobil-mobil kelas atas.

Baca juga: Honda pamerkan "lineup" lengkap termasuk All New Honda HR-V di IIMS

Teknologi Honda Sensing pada All New Honda BR-V meliputi, Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), serta Auto-High Beam.

Pada XL7 Alpha FF, Suzuki menghadirkan teknolog keamanan mulai dari Smart E-mirror, Electronic Stability Programme (ESP), Fire Extinguisher, Noise Vibration Harshness (NVH), Hill Hold Control untuk transmisi otomatis (AT).

Selain itu, hadir juga Security Alarm Immobilizer & Keyless Entry, dan Auto Braking System + Electronic Brakeforce Distribution (ABS + ABD).

Mesin

All New Honda BR-V mengusung mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 N.m pada 4.300 rpm.

Suzuki XL7 Alpha FF mengusung mesin K15B dengan kapasitas 1.462 cc yang menghasilkan daya 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Dari segi catatan performa, Suzuki XL7 Alpha masih berada di bawah All New Honda BR-V generasi kedua sekitar 17 ps.

Baca juga: AHM bawa nuansa MotoGP di IIMS 2022

Harga
All New Honda BR-V

All New Honda BR-V S MT Rp275,9 Juta
All New Honda BR-V E MT Rp289,9 Juta
All New Honda BR-V E CVT Rp299,9 Juta
All New Honda BR-V Prestige CVT Rp321,9 Juta
All New Honda BR-V Prestige CVT with Honda SENSINGTM Rp339,9 Juta

Suzuki XL7 Alpha FF

XL7 Alpha FF Automatic Rp305.2 juta
XL7 Alpha FF Manual Rp294.2 juta.

Baca juga: Intip trio mobil modifikasi Suzuki di IIMS 2022, ada XL7 Camper Van

Baca juga: Suzuki luncurkan XL7 FF dibanderol Rp300 jutaan
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022