Jakarta (ANTARA) - Produsen perangkat digital Taiwan, Asuka, membawa dua head unit andalannya di IIMS 2022 yakni MR-9032AVM dan MR-1032AVM yang sudah dilengkapi kamera 360 derajat, memungkinkan untuk menampilkan seluruh sudut di sekitar kendaraan.

Head unit Android berlayar 9 inci ini sudah dilengkapi memori yang besar, dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan 64GB yang memberikan keleluasaan bagi penggunanya. Ini juga didukung dengan Apple CarPlay dan Android Auto untuk menghubungkan dengan perangkat mobile, seperti smartphone.

MR-9032AVM dan MR-1032AVM juga dilengkapi fitur voice command ​​​​​​​berbahasa Indonesia, memungkinkan untuk perintah suara sehingga pengemudi akan fokus berkendara selama perjalanan.

Marketing Manager Asuka Car TV ALbert Lim di arena IIMS di JIExpo Kemayoran, dikutip Sabtu, mengatakan dua head unit Asuka itu memiliki kemampuan araund view monitor berkat kamera 360 derajat built in 3 dimensi. Fitur ini membantu pengemudi saat memarkir di tempat ramai.

Baca juga: Tren penjualan "head unit" Android meningkat

"Pengemudi akan dengan mudah melihat tampilan mobil dari arah atas, kanan, kiri, belakang secara 360 derajat. Kecanggihan ini mampu mengingatkan serta memperlihatkan adanya objek yang bergerak di bagian belakang mobil," kata dia.

Head unit MR-9032 atau 1032AVM dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Rp8.5 juta, sudah termasuk kamera 360 yang berjumlah empat buah.
 
Asuka BM-Series 2 (ANTARA/Ho)


Selain MR-9032AVM dan MR-1032AVM, Asuka juga menghadirkan Asuka BM-Series 2 yang dilengkapi dengan integrated circuit (IC) yang didesain produsen IC Jepang Asahi Kasei Microdevices (AKM) sehingga menghasilkan suara yang jernih.

ALbert Lim mengungkapkan bahwa dengan teknologi terbaru, head unit ini menghasilan output audio kelas premium. Suara frekuensi rendah yang tebal, frekuensi tengah yang bersih, frekuensi tinggi yang jernih dan garing, pembagiannya sangat jelas.

"Hal penting yang diperlukan dalam suatu head unit adalah kualitas suara yang dihasilkannya, karena itulah fungsi sound system dalam mobil. Nah itulah yang ASUKA BM-Series 2 sajikan, kualitas suaranya yang saat ini menjadikannya the best sound quality head unit di kelasnya," ungkap Albert lim.

Baca juga: Cara menggunakan "head unit" Android agar awet

Head unit terbaru BM-Seri 2 ini juga diklaim memiliki kemampuan untuk membaca banyak format file, seperti .wma dan .flac yang memang memiliki resolusi Audio yang tinggi, bahkan hingga .dsd file.

Asuka BM-Series 2 hadir dengan layar sentuh yang berukuran 9 inci (BM-209P) dan 10 inci (BM-210P). Dan, ukuran yang hadir dalam seri ini juga sudah bisa mencakup untuk semua jenis mobil yang sudah eksis di Indonesia.

BM-Series 2 memiliki ikon menu minimalis sehingga pengguna dimudahkan dengan desain antarmukanya, juga bisa split screen.

"Dengan Split Screen kita dapat memutar music video sambil tetap mengikuti aplikasi navigasi. Ditambah lagi kemampuan membaca multi-touch gesture, yaitu dengan dua jari digeser ke kiri atau ke kanan untuk mempermudah naik turun volume suara," ucap dia.

Asuka BM-Series 2 dibanderol Rp11 juta dan bisa disandingkan dengan berbagai macam frame OEM untuk masing-masing jenis mobil, serta CANBUS untuk mengintegrasikan sistem digital tombol Remote Setir.

Baca juga: Asuka Car TV hadirkan head unit ala mobil listrik

Baca juga: Asuka luncurkan head unit dan TPMS

Baca juga: Pioneer rilis tiga head unit sekaligus di IIMS 2019
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022