Jakarta (ANTARA) - Sejumlah jenama otomotif telah memperkenalkan jajaran model kendaraan terbaru mereka pada hari pertama penyelenggaraan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang dihelat di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Kamis.

Beberapa di antaranya bahkan berhasil menarik perhatian pecinta otomotif Tanah Air, seperti Hyundai Ioniq 5 dan mobil konsep Toyota Kijang Innova listrik.

Antara telah merangkum deretan mobil terbaru yang diperkenalkan dan diluncurkan di ajang pameran otomotif yang berlangsung mulai 31 Maret hingga 10 April 2022 tersebut. Berikut daftarnya.

1. BMW 320i Sport
 
New BMW 320i Sport yang diluncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022) (ANTARA/Suci Nurhaliza)


BMW Indonesia meluncurkan varian baru dari THE 3 yakni New BMW 320i Sport di ajang IIMS Hybrid 2022. BMW 320i Sport merupakan varian terbaru dari THE 3, melengkapi varian yang sudah ada sebelumnya yakni BMW 330i M Sport dan BMW 320i Dynamic.

Dengan teknologi baru, BMW 320i menghasilkan output maksimum 184 hp sementara torsi puncaknya adalah 300 Nm. Peningkatan output dan torsi tersebut merupakan hasil dari optimalisasi sistem mesin BMW TwinPower Turbo terbaru.

Desain dari BMW seri THE 3 terbaru itu memiliki permukaan berkontur yang mencolok. Kendaraan tersebut memiliki panjang 4.709 milimeter, lebar 1.827 milimeter, dan tinggi 1.442 milimeter. Selain itu, jarak sumbu roda 2.851 milimeter dan peningkatan lebar kendaraan membuat kendaraan lebih stabil dan tangkas.

New BMW 320i Sport juga dilengkapi dengan Gesture Control dan asisten pintar yang dapat dikendalikan dengan suara. Untuk kecanggihan berkendara, juga telah disematkan teknologi Dynamic Cruise Control dengan braking function, asisten pengemudi, dan kamera. New BMW 320i Sport dibanderol seharga Rp895.000.000 (off-the-road).

2. Hyundai Ioniq 5
 
Hyundai Motor Indonesia kenalkan IONIQ 5 di IIMS Hybrid 2022 (ANTARA/Chairul Rohman)


PT Hyundai Motors Indonesia memperkenalkan mobil listrik terbaru mereka yakni Ioniq 5 yang dibuat di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Perkenalan produk kendaraan listrik ini menjadi sebuah gebrakan baru dan langkah bersejarah di industri otomotif Tanah Air karena menjadi mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi secara massal di Indonesia.

Mobil listrik ini, hadir dengan desain futuristik yang dilengkapi dengan material ramah lingkungan, serta menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), yaitu sebuah platform dengan banyak keunggulan yang dirancang oleh Hyundai Motor Group khusus untuk model kendaraan BEV.

Hyundai melengkapi kendaraan listrik ini dengan regenerative braking system, yaitu sebuah sistem yang akan mengisi daya baterai mobil dengan memanfaatkan energi kinetik yang dihasilkan saat mobil tengah melakukan deselerasi.

Ioniq 5 diklaim oleh Hyundai Indonesia dapat menempuh jarak hingga sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh.

3. Tesla Model Y
 
CEO Prestige Image Motorcars, Rudy Salim pada saat peluncuran Tesla Model y di IIMS Hybrid 2022 (ANTARA/Chairul Rohman)


Perusahaan kendaraan listrik Amerika Serikat Tesla turut unjuk gigi di IIMS tahun ini. Mobil mereka, Tesla Model Y dihadirkan oleh Importir Umum (IU) Prestige Image Motorcars dengan banderol Rp2 miliar.

Tesla Model Y yang dibawa oleh Prestige ke Indonesia, hadir dengan dua pilihan yakni Longe Range dan Performance. Varian Long Range dapat menempuh jarak 532 km dengan kecepatan tertinggi hingga 217 km/h.

Untuk varian Performance, jarak tempuhnya sejauh 513 km dengan kecepatan tertinggi menyentuh angka 249 km/h.

Tesla Model Y hadir dengan beberapa pilihan warna seperti Pearl White Multi-coat, Solid Black, Deep Blue Metallic, Midnight Silver Metallic dan Red Multi-Coat. Mobil tersebut sudah bisa didapatkan oleh konsumen dengan masa inden 45 hari.

Baca juga: Toyota kenalkan Kijang Innova Listrik di IIMS Hybrid 2022

Baca juga: IIMS Hybrid 2022 targetkan transaksi Rp2 triliun

Baca juga: Hyundai kenalkan mobil listrik Ioniq 5 buatan pabrik Cikarang


4. Suzuki XL7 FF
 
Peluncuran Suzuki XL7 FF pada ajang IIMS Hybrid 2022 (ANTARA/Chairul Rohman)


PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) resmi meluncurkan varian tertinggi dari "The Extraordinary SUV", yakni XL7 Alpha FF yang dibanderol dengan mulai dari Rp294 juta.

Mobil ini sudah membawa berbagai pembaharuan baik dari sisi interior maupun eksterior. Suzuki XL7 Alpha FF ini hadir dengan balutan Black & Red Accent Body Color di beberapa bagian bodi.

XL7 Alpha FF ini sudah dibenamkan fitur-fitur seperti Smart E-mirror, Electronic Stability Programme (ESP), Fire Extinguisher, Noise Vibration Harshness (NVH), Hill Hold Control untuk transmisi otomatis (AT), Security Alarm Immobilizer & Keyless Entry, dan Auto Braking System + Electronic Brakeforce Distribution (ABS + ABD).

Dapur pacunya menggunakan mesin K15B berkapasitas 1.462 cc yang menghasilkan daya 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm, serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran 4.400 rpm

Suzuki XL7 FF yang diproduksi secara terbatas ini dibanderol dengan harga Rp305 juta untuk transmisi otomatis dan Rp294 juta untuk transmisi manual.

5. Toyota kijang Innova listrik
 
Pengunjung melihat mobil Toyota Kijang Innova Listrik yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2022 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (31/3/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/rwa.


PT Toyota Astra Motor (PT TAM) memperkenalkan kendaraan BEV (battery vehicle electric) yang mengambil basis dari Toyota Kijang Innova di ajang IIMS Hybrid 2022.

Sejauh ini, mobil konsep Toyota Kijang Innova listrik adalah mobil dengan merek nasional yang pertama dirancang sepenuhnya menggunakan listrik sebagai sumber daya penggerak (power engine).

Toyota mengatakan tujuan diperkenalkannya Kijang Innova EV Concept adalah untuk studi dan meningkatkan popularitas kendaraan listrik di tengah masyarakat.

6. MG 5 GT
 
MG 5 GT pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 (ANTARA/Ho)


MG meramaikan IIMS Hybrid 2022 dengan memboyong sedan pertama mereka, yaitu MG 5 GT, hadir dengan tiga varian, yakni Active, Igninte, dan Magnify yang menjadi varian tertinggi dari kendaraan sedan 4-door coupé di Indonesia.

Mobil sedan dari MG ini juga sudah mengusung gaya desain baru yang dinamakan 3rd Generation MG Family Design Language.

MG juga membagikan detil harga untuk ketiga varian ini, Rp339,9 juta untuk varian Activate, Rp359,9 untuk varian Ignite, dan Rp399,9 untuk Magnify sebagai varian tertinggi dengan fitur terlengkap.

7. DFSK Seres SF5
 
DFSK Seres SF5 di IIMS 2022 (ANTARA/Ho)


DFSK untuk pertama kalinya menghadirkan mobil listrik Seres SF5. Mobil ini hadir dengan dukungan dari teknologi High Performance Dual Electric Motor, dimana sistem penggerak yang dianut menggunakan teknologi all wheel drive.

SUV ini juga sudah dilengkapi dengan dua motor listrik berupa SEP200AC dengan tenaga 255 kW di depan dan HW150 dengan power 150 kW di belakang. Motor listrik tersebut didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH.

Akselerasi Seres SF5 dari 0 hingga 100 kilometer per jam diklaim hanya membutuhkan 4,7 detik.

Seres SF5 dilengkapi dengan fitur Intelligent Extended Range Technology. Terdapat mesin motor bakar yang berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang energi listrik baterai di saat kondisi energi listrik di baterai tersisa sekitar 20 persen. Berkat teknologi ini, Seres SF5 bisa melaju hingga 1.000 kilometer.

Baca juga: Prestige bawa Tesla Model Y seharga Rp2 miliar

Baca juga: MG ramaikan IIMS dengan membawa MG 5 GT

Baca juga: Suzuki luncurkan XL7 FF dibanderol Rp300 jutaan
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022