Yogyakarta (ANTARA News) - Masa tunggu  atau inden Grand New Toyota Fortuner di Yogyakarta mencapai dua bulan akibat tingginya pemesanan.

"Surat pemesanan kendaraan (SPK) yang kami terima mencapai 80 unit per bulan, sementara jatah yang kami terima dari pusat hanya 70 unit," ujar Kepala Cabang Nasmoco Mlati, Agus Partono, di Yogyakarta, Jumat.

Nasmoco Mlati adalah dealer resmi Toyota di Yogyakarta. Perusahaan ini berada di bawah naungan Nasmoco Group yang menguasai pemasaran Toyota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agus menerangkan, banyak konsumen membatalkan pesanan Fortuner  tipe lama begitu mengetahui Grand New Fortuner dirilis ke pasar. PT Toyota Astra Motor melepas model tersebut pada akhir Juli 2011 di sela pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011.

"Konsumen cukup menambah Rp 5 juta untuk mengganti model lama ke baru. Model baru yang banyak diburu adalah tipe G transmisi otomatis," kata dia.

Nasmoco, kata dia, menargetkan penjualan Fortuner mencapai 80-90 unit per bulan, seiring dilepasnya model baru. Namun, pasokan dari TAM  sangat terbatas.

"Untuk itu, kami sedang mengajukan tambahan alokasi ke TAM. Mudah-mudahan terpenuhi agar inden bisa dipangkas," kata dia.

Toyota menjadi pemimpin pasar mobil Yogyakarta dengan pangsa pasar 42 persen. Penjualan bulanan saat ini mencapai 420 unit.
(ANT258/M012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011