Jakarta (ANTARA News) - Sejak tanggal 27 hingga 30 Juli 2011, area outdoor IIMS jadi ajang adu drift (drift war) yang ramai dengan suara raungan mesin mobil dan decitan ban.

Sekitar 40 drifter terkemuka di tanah air tampil dalam acara itu, antara lain E. Adwity Amandio, M. Hermawan, dan Alinka Hardianti dari tim Achilles Drift Team, serta Dean Zean dan Rio Saputro dari GT Radial Drift Team.

"Kami kembali menghadirkan drifting dengan nama baru Drift War," kata Lia Indriasari, Division Manager Otomotif Dyandra Promosindo yang merupakan event organizer IIMS.

Lia mengemukakan drift war disponsori oleh Achilles & GT Radial dan diorganisir oleh Dapurpacu.com.

Alinka Hardianti, yang merupakan satu-satunya drifter wanita mengatakan bahwa IIMS 2011 lebih ramai pengunjung. "Ini kali kedua saya ikut drifting di IIMS, saya melakukan persiapan dari jauh-jauh hari," katanya.

Rifat Sungkar yang juga beraksi pada Drift War IIMS 2011 mengungkapkan bahwa Drift War bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi pameran bertaraf internasional ini. Pembalap nasional ini pun telah dua kali tampil di ajang drifting IIMS.

Aksi seru dan menegangkan yang terdapat di Drift Show antara lain pertunjukan smoke color tire burn out, drift donuts, driver exchange, G-turn, U-turn, zigzag, dan tandem drift maneuver.

Penonton yang ingin merasakan berada di kursi penumpang juga bisa mencoba keberuntungan lewaat kuis Taxi Drift. Mereka yang berhasil menjawab pertanyaan host dengan benar berkesempatan duduk di mobil dan merasakan sendiri aksi kebut-kebutan para drifter.

Karin salah seorang pengunjung merasa antusias pada Drift War kali ini karena impiannya duduk merasakan drifting bersama drifter idamannya, Rifat Sungkar.

Rifki, pengunjung IIMS asal Semarang juga menyatakan antusiasnya pada Drift War IIMS 2011. “Waktu drifter melakukan aksi seolah-olah mau menabrakkan mobil, terus terang saya gugup dan pusing, untung saja tidak terjadi apa-apa,“ ujar Rifki.

Pertandingan Drift War diadakan dalam dua kelompok hari, yaitu 2 hari pertama (27-28 Juli 2011) untuk Drift Camp dan Free Practice, serta 2 hari kedua (29-30 Juli 2011) untuk kualifikasi dan Battle IIMS Drift War 2011. Sementara untuk kelasnya akan dibagi menjadi dua yaitu Pro dan Rookie.

Untuk lintasannya para drifter akan diadu di atas lahan seluas 125 X 80 meter dengan lay out trek yang dikerjakan oleh RC Drift War dari organisasi resmi IDC (Indonesian Drift Community).

Juri pada pertandingan Drift War ini terdiri dari Mark A.W, Deni Pribadi dan Rendison yang memang sudah tidak asing lagi di ajang drifting.

Mereka akan menilai komponen-komponen penting dalam lomba drifting yaitu sisi kecepatan (speed), jalur (line), sudut (angle) dan keindahan (style). Pertandingan pun akan memperebutkan hadiah utama satu sepeda motor Piaggio, dua set velg dari Rota Wheels, sejumlah uang tunai dan piala IIMS Drift War.

(A038)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011