Jakarta (Antara News) - Toyota memperkenalkan tiga konsep mobil masa depan yaitu FT-86 Concept, A-Bat, 1/X di Indonesia International Motor Show ke-19, Kemayoran, Jakarta. Ketiga itu mengusung teknologi eco green yang menjadi kampanye mobil masa depan Toyota.

FT-8 Concept adalah konsep mobil sport Toyota di masa depan dengan menggabungkan konsep mobil-mobil sport Toyota sebelumnya yaitu Toyota Celica, MR2, Supra dan Corolla AE86. FT-8 Concept mengisyaratkan kembalinya sang penerus legenda sportscar Toyota. FT-8 Concept menggunakan mesin D4s yang menginjeksi gas sehingga emisi yang dikeluarkan kecil. Kecepatan FT-8 Concept juga ditunjang dengan body yang super ringan yang terbuat dari karbon.

"Konsep utama dari FT-8 Concept, adalah sebuah mobil sport yang ringan, dinamis, bertenaga tapi ramah lingkungan," kata Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division.

Kendaraan berikutnya adalah A-BAT Concept yang dikembangkan oleh TMS Advanced Product and Calty, pusat riset Toyota di AS. Mobil itu perpaduan sempurna antara ketangguhan truk dan kelincahan sedan.

A-BAT  memberikan performa optimal dengan konsumsi bahan bakar dan beremisi rendah, berkat teknologi Toyota Hybrid Synergi Drive. Untuk Multimedia, A-BAT sudah disematkan hard-drive, system navigasu dengan layar 7 inchi, konektivitas Internet via Wi-Fi.

"A-BAT memiliki kekuatan ganda yaitu dari mesin dan lisrtik, itulah kelebihan Hybrid," katanya.

Terakhir, 1/X, adalah  konsep hybrid Toyota yang berukuran kompak dan ringan, dengan konsumsi bahan bakar serta beremisi lebih kecil dari mobil lainnya.Hal itu karena sistem Hybrid mengkombinasikan teknologi Rechargable Plug-in Hybrid dengan mesin 500 cc flex fuel.

Konsep Hybrid Plug-In dirancang mengakomodasi baterai lithium-ion yang bisa direcharge di rumah, sehingga memungkinkan Toyota 1/X menempuh jarak 960 km dengan tanki kecil berisi empat gallon (15 liter) bensin.

Toyota 1/X menggunakan material plastik yang diperkuat serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic) dan serat tanaman untuk bodi dan atap serta atap membuatnya menjadi mobil yang paling ramah lingkungan. (adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011