Jakarta (ANTARA News) - Produsen kaca film dari Amerika Serikat, V-Kool memperkenalkan produk baru VK55 dan VK30 yang mampu menghemat BBM hingga tiga pesen, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-19.

Asisten Presiden Direktur PT V-Kool Indo Lestari, Linda Wijaya, melalui Keterangan pers yang diterima ANTARA, Sabtu, menyebutkan kedua produk terbaru tersebut mampu menurunkan suhu kabin kendaraan hingga 14 derajat Celcius, sehingga bisa menghemat BBM sebesar tiga persen.

"Penghematan BBM sebesar tiga persen itu terjadi karena adanya penurunan kinerja kompresor penyejuk udara sebesar 400W," kata Linda. Dengan demikian, lanjut dia, produk tersebut juga mampu menurunkan emisi  CO2 sebesar 134 kilogram.

VK55 merupakan produk kaca film yang terdiri dari 10 lapisan dan VK30 terdiri dari 9 lapisan "spectrally selective. Keduanya, kata dia, merupakan kaca film yang dipakai untuk mengatasi masalah panas akibat cahaya matahari pada kabin mobil.

"VK55 merupakan satu-satunya kaca film yang mempunyai lapisan sputtered, di dunia," ujar Linda. Produk tersebut memiliki warna yang netral, meneruskan cahaya yang nampak rata-rata 58 persen, memantulkan cahaya sebesar tujuh persen, dan menolak infra merah sampai 97 persen.

VK30, kata dia, selain warnanya netral, produk itu mampu meneruskan cahaya tampak rata-rata 36 persen, cahaya tampak yang dipantulkan 14 persen, dan menolak infra merah lebih dari 97 persen.

V-Kool tidak menjelaskan harga produk tersebut dipasar Indonesia. Harga produk V-Kool sebelumnya berkisar antara Rp3-6juta.

Sebelumnya, Linda menargetkan pada ajang IIMS ke-19, ada peningkatan order 25 persen menjadi 250 unit pemasangan kaca film  dibanding tahun lalu 200 unit pemasangan kaca film mobil.
(R016)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011