Jakarta (ANTARA) - Gelaran Indonesia Modification & Lifestyle Expo (IMX) 2022 kembali digelar secara langsung pada 1 hingga 2 Oktober dengan mengusung tema perpaduan antara otomotif dan gaya hidup, yakni “The Indonesian Kalcer”.

IMX Project Director Andre Mulyadi mengatakan IMX tahun kelima ini memadukan 70 persen otomotif dan 30 persen gaya hidup. Kedua unsur tersebut, menurut Andre tidak dapat dipisahkan dari anak muda Indonesia.

“Kami berharap dengan tema baru IMX 2022 ini bisa membawa karakter dan ciri khas industri otomotif Indonesia khususnya industri modifikasinya semakin dikenal Dunia,” katanya melalui keterangan resmi dikutip pada Senin.

Ia mengatakan gelaran yang kelima ini juga menunjukkan konsistensi IMX untuk membangkitkan industri aftermarket serta mampu beradaptasi di tengah kondisi pandemi.

Baca juga: Jangan asal pasang roofbox saat mudik, pahami dulu aturannya

Sementara itu, Ketua Dewan Komite National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Bambang Soesatyo menilai industri otomotif dan modifikasi semakin bergeliat dengan adanya keterlibatan anak muda.

“Seperti mobil saya ini, menunjukkan hasil kreativitas anak muda. Interior digarap oleh Edy Vertue dan cat oleh Tomi Airbrush sehingga menghasilkan kreasi modifikasi yang kian kompetitif,” ujar Ketua IMI Pusat itu.

Ia mengatakan perkembangan tersebut didukung oleh keinginan anak muda untuk memodifikasi kendaraannya. Bamsoet menyebutkan pertumbuhan penduduk pada 2045 akan didominasi oleh anak muda sekitar 70 persen atau 380 juta jiwa.

Menurut Bamsoet, hasil karya anak muda dalam negeri tidak kalah dengan modifikator luar negeri. Ke depan, lanjutnya, bisnis otomotif dan aftermarket Indonesia semakin bergairah dan membuka pintu selebar-lebarnya terhadap eksistensi produk Indonesia di kancah internasional.

Gelaran IMX pada 1 hingga 2 Oktober nanti akan menampilkan 50 mobil modifikasi terbaik hasil kurasi dunia dalam NMAA Top 50.

Untuk menyambut acara puncak, IMX juga mengadakan seri Road to IMX 2022 yang akan digelar di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Surabaya.

Selain itu, IMX 2022 juga akan hadir dengan konten digital mulai dari IMX Modz Battle dan IMX Live Modz, IMX Garage Sale dan IMX Aftermerket Auction, serta IMX Masterclass.

Baca juga: Kementerian ESDM modifikasi sepeda motor bensin jadi listrik

Baca juga: Kemenperin: Kompetisi modifikasi dukung percepatan EV Indonesia

Baca juga: Pacu industri otomotif, Menperin lihat peluang modifikasi kendaraan
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022