Jakarta (ANTARA) - Industri otomotif Indonesia tahun ini telah memberikan hasil yang cukup positif, ditandai dengan meningkatnya penjualan secara nasional pada kuartal pertama tahun ini dibanding tahun lalu setelah sempat lesu dihantam badai pandemi COVID-19.

Secara umum, sejak 2021 industri otomotif baik roda dua maupun roda empat menunjukkan grafik yang terus meningkat. Hal itu dikarenakan perekonomian yang cukup baik serta telah melonggarnya pembatasan sosial lantaran kasus COVID-19 yang sudah melandai.

Peran pemerintah dalam membangkitkan industri otomotif Indonesia juga bisa dianggap sangat baik, dengan adanya kebijakan insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang memang dihadirkan untuk menanggulangi keterpurukan industri ini.

Jika melihat data yang diberikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada Agustus 2022 penjualan kendaraan mencapai 91.164 unit, naik 16.8 persen jika dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu yang hanya 75.820 unit.

Baca juga: Bamsoet: Kreativitas dan karya anak bangsa harus terus didukung

Pada kuartal pertama 2022 pun, pasar otomotif nasional mencatatkan penjualan ritel lebih dari 238 ribu unit, atau naik sebesar 33,6 persen dibandingkan periode yang sama 2021 lalu hanya sekitar 178 ribu unit.

Tidak hanya itu saja, berbagai pameran otomotif juga memberikan sumbangsih dan kemajuan untuk industri otomotif di Indonesia. Salah satunya yang terakhir adalah Indonesia Modification and Lifestyle Expo (IMX) 2022 yang berlangsung sejak 1-2 Oktober di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Pameran modifikasi terbesar di Indonesia yang resmi dibuka oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo ini diyakini mampu menyokong bangkitnya industri modifikasi nasional lantaran keterlibatan para pelaku UMKM dari berbagai daerah.

"Rangkaian gelaran OLX Autos IMX 2022 menjadi bukti multiplier effect economy guna mendorong para pelaku industri modifikasi di beberapa daerah Indonesia. Sepanjang 2022, di saat pandemi COVID-19 sudah mereda aktivitas para bengkel spesialis sudah mendekati normal yang tentunya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," ucap Bamsoet pada pembukaan ajang IMX 2022, Sabtu (1/10).

Baca juga: Menko Airlangga: Modifikasi mendorong industri otomotif dalam negeri
 
Gelaran ajang Indonesia Modification and Lifestyle eXpo (IMX) 2022 yang diselenggarakan pada 1-2 ktober 2022 di JCC, Jakarta. (ANTARA/Chairul Rohman)
Selaku IMX Project Director, Andre Mulyadi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pertunjukan tahun ini benar-benar luar biasa yang dibuktikan dengan antusias dari teman-teman modifikasi tanah air yang memang sudah sangat haus dengan kegiatan offline.

"Spektakuler sekali industri modifikasi tahun ini setelah selama dua tahun hanya dengan online. Antusiasnya juga sangat mengejutkan dan kita akan lebih besar lagi untuk tahun depan, kata dia.

Hal itu tentu dibarengi dengan capaian yang didapat selama dua hari penyelenggaraan. Tercatat, selama pameran berlangsung total transaksi yang terhimpun mencapai Rp4,8 miliar. Dengan begitu, semakin menunjukkan antusiasme para audiens menyambut kembalinya pesta modifikasi dan aftermarket terbesar di Indonesia.

Pesta sektor aftermarket dan lifestyle yang digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) menunjukkan daya kreativitas tanpa batas menuju Indonesia sebagai barometer modifikasi di skala Internasional.

Sebuah upaya yang menjadi motor penggerak industri modifikasi khususnya produk aftermarket di mana hal ini menjadi salah satu sektor industri kreatif pembawa perubahan.

Baca juga: BlackAuto Battle musim 2022 kembali di gelar di Kota Solo

Hal itu dibuktikan oleh partisipan yang mengikuti gelaran ini yang merasa puas dengan capaian yang dihasilkan selama dua hari. Yang tidak kalah penting, menurut mereka adalah ajang silaturahmi dengan para user dan juga calon konsumen yang mengunjungi pameran tersebut.

"Kita bisa berkumpul kembali setelah tahun lalu digelar virtual, kedua kita bisa bertemu langsung dengan user produk kita maupun yang ingin tahu dan melihat langsung hasil dari mobil yang sudah di aplikasi produk kita," ujar direktur perusahaan penghasil cat Belkot, Eric Indra Kurniawan.

Dia juga menyatakan bahwa akan selalu mendukung gelaran modifikasi terbesar ini, karena memiliki visi yang sama untuk memajukan industri modifikasi di tanah air.

"IMX 2022 dari awal tahun kita terus bersama-sama mendukung industri otomotif, mulai dari awal tahun kita kickoff dan berkeliling ke berbagai kota besar di Indonesia mulai dari Semarang, Medan, Surabaya, Makasar dan Bali mengenalkan produk dan teknologi terbaru ke seluruh Indonesia," jelas dia.
 
Gelaran ajang Indonesia Modification and Lifestyle eXpo (IMX) 2022 yang diselenggarakan pada 1-2 ktober 2022 di JCC, Jakarta. (ANTARA/Chairul Rohman)
Tidak hanya itu saja, pengunjung yang memang sengaja datang berkunjung untuk bisa merasakan hal yang sudah lama mereka tidak rasakan selama pandemi. Pasalnya, menurut seorang pengunjung bernama Nicky Sebastian, pameran yang dilakukan secara online kruang begitu menggugah selera karena tidak bisa melihat secara langsung.

"Acara ini sangat menggugah selera kami sebagai pengunjung untuk melihat dan juga ada rasa gatal juga ingin membeli barang-barang aftermarket yang disajikan," ucap Nicky pengunjung asal Jakarta Barat.

Baca juga: Bamsoet: Kreativitas dan karya anak bangsa harus terus didukung

Sebagaimana diketahui, di tahun kelima ini gelaran, IMX menggabungkan unsur modifikasi otomotif dan lifestyle dalam tema utama "The Indonesian Kalcer".

Sebagai penyokong utama ajang Indonesia Modifications and Lifestyle eXPO (IMX) 2002, OLX Autos turut memberikan penawaran menarik dalam setiap pembelian di IMX 2022.

Pada kesempatan yang lalu, pelanggan berkesempatan untuk menikmati uang muka (TDP) super rendah mulai Rp1 jutaan, saldo digital hingga senilai Rp5 juta dan voucer bensin hingga Rp2 juta yang bisa didapatkan ketika berhasil bertransaksi di OLX Autos selama IMX 2022 berlangsung.

Sebagai selebrasi usai diterpa pandemi, acara yang dilakukan secara offline ini menunjukkan atmosfer penonton yang tetap terlihat sejak hari pertama hingga puncak acara di hari kedua.

Selama dua hari berlangsung, yakni 1-2 Oktober 2022 lalu tercatat ribuan pengunjung memadati area JCC Hall A, baik yang membeli tiket secara pre-sale maupun on the spot secara langsung.

Baca juga: Honda Jazz bergaya "street racing" habiskan dana Rp300 juta

Baca juga: Menko Airlangga terus dorong pertumbuhan usaha modifikasi mobil

Baca juga: Maxdecal pamerkan rangkaian produk PPF dan 9800 Series di IMX 2022
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022