Jakarta (ANTARA) - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menghadirkan ajang kompetisi Hino Safety Driving Competition (HSDC) bagi para pengemudi, yang berguna untuk menambah pemahaman lebih dalam hal keselamatan berkendara di jalan.

COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan bahwa pada tahun ini penyelenggaraan HSDC memiliki beberapa perbedaan dari tahun-tahun yang sebelumnya karena adanya pandemi wabah virus corona.

"Tahun ini HSDC memiliki beberapa perbedaan dengan memanfaatkan fitur Hino Telematics. Sehingga event digelar dengan nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) dan di laksanakan secara online," ungkap Santiko di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis.

Untuk penilaiannya sendiri, fitur telematics dari Hino Connect akan dimanfaatkan dalam kompetisi untuk menarik data score card dari device telematics yang terpasang di setiap unit Hino sebagai penilaian dan juga bahan evaluasi penjurian.

Baca juga: Hino rilis bus R 260 AS dan truk Ranger FLX yang sesuai kebijakan ODOL

Sutikno melanjutkan bahwa, setiap peserta yang mengikuti kompetisi ini akan dapat melihat sendiri dari hasil evaluasi score card apakah driver mengemudi dengan aman dan sesuai aturan.

"Jika mereka (peserta) mengemudi dengan baik dan aman, maka mereka akan mendapatkan poin score card yang bagus dan berpotensi menjadi pemenang selain tujuan utamanya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan," kata dia.

Tidak hanya bermanfaat bagi para pengemudi, para pengusaha yang menggunakan unit Hino untuk kebutuhan bisnis juga akan mendapatkan keuntungan seperti melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya menjadi lebih aman dan jauh dari kendala di jalan atau hal – hal yang merugikan perusahaan.

"HTSDC ini adalah salah satu bentuk total support Hino kepada konsumen setia dalam memperkenalkan kegunaan atau manfaat yang besar bagi bisnis dari penggunaan fitur Hino Connect Telematics," terang dia.

Baca juga: Toyota Hino hentikan produksi di AS

"Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi. Karena mengemudi dengan aman dan sesuai aturan, selain dapat menjaga keamanan bagi diri sendiri, tentunya juga menjaga keamanan bagi orang lain di jalan," ucap dia.

Sebagai informasi tambahan, pada tahun 2017 sampai 2019, HMSI sangat gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran Hino Safety Driving Competition (HSDC).

Selama ajang ini berlangsung sudah terdapat 31 kali kegiatan di 23 kota besar di seluruh Indonesia yang Hino datangi untuk kampanye keselamatan berkendara dapat semakin berdampak luas di tengah masyarakat.

Total peserta sendiri telah mencapai 2.275 pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ambil bagian dalam kegiatan ini.

Baca juga: Hino Connect telah digunakan di 20 ribu kendaraan

Baca juga: Hino R260 pakai bodi alumunium Avante H7 AB racikan Karoseri Tentrem

Baca juga: Mobil vaksin keliling Hino Flexicab dipajang di GIIAS 2021
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022