Jakarta (ANTARA) -
Dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-40, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) resmi menghadirkan Hino Total Support Customer Center (HTSCC) guna mendukung program pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.
 
"Kami membangun Hino Total Support Training Center sebagai pusat pelatihan pengemudi untuk membantu kelancaran transportasi yang aman dan ekonomis melalui pengemudi yang handal dan tertib berlalu lintas. Fasilitas ini dapat digunakan customer setia Hino untuk terus meningkatkan keterampilan berkendara para pengemudinya," ungkap Presiden Direktur HMSI Masato Uchida dalam sambutannya di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis.

Baca juga: Volvo Trucks kenalkan FM-FMX dan FH16 generasi keempat
 
Dalam hal ini, HTSCC sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas basic driving course mulai dari blind spot test area, inspection bay, stop & go, parking parallel, S shape curves, hairpin turn, parking reverse, circle road, portal, crank road, dan Safety brake.
 
Selain itu di dalam gedung terdapat driving simulator dan kelas – kelas bagi pengemudi yang mengikuti pelatihan mengacu kepada standar BNSP.
 
HTSCC ini berdiri di atas lahan seluas 24.000 meter persegi yang dibangun oleh PT HMSI, dan yang membanggankannya adalah Hino merupakan satu – satunya brand kendaraan komersial di Indonesia yang memiliki sirkuit pusat pelatihan berkendara bagi pengemudi pelanggannya.
 
 
Peresmian HTSCC di Purwakarta (ANTARA/Chairul Rohman)
 
"HTSCC digunakan untuk pelatihan berkendara truk dan bus yang aman, seperti teknik safety driving, teknik pengereman, mengemudi yang baik, mengemudi yang ekonomis, pemeriksaan harian, teknik blind spot, serta setiap pelatihan akan dipandu juga oleh video learning yang diberikan oleh Hino Motors Limited Japan," kata dia.
 
Tidak hanya melakukan kegiatan praktik, PT HMSI juga memberikan pemahaman secara teori seperti update informasi teknologi kendaraan Hino, karakteristik kendaraan dan manusia, serta basic english conversation.
 
 
Untuk membangun fasilitas HTSCC, PT HMSI juga dibantu dengan para instruktur yang handal, terlatih dan tersertifikasi. Karena Hino saat ini memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau disebut LSP – LPK PT Hino Motors Sales Indonesia yang merupakan LSP PIHAK 1 Pendidikan yang didirikan berdasarkan SK LPK nomor 006/SK/LPK-HMSI/IV/2021, yang merupakan perpanjangan tangan dan sudah berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
 
"Kami ingin melahirkan sebanyak mungkin duta keselamatan berkendara dari fasilitas ini, menyempurnakan apa yang sudah kami lakukan di bidang safety driving sejauh ini bersama pemerintah sehingga keselamatan berkendara menjadi sebuah budaya bangsa," kata COO – Director HMSI, Santiko Wardoyo dilokasi yang sama
 
Dengan begitu, LSP-LPK HMSI berharap akan menjadi sebuah lembaga sertifikasi yang mengedepankan mutu dalam penyelenggaraan sertifikasi dan diakui secara nasional maupun internasional.
 
Untuk informasi, Hino Total Support Customer Center (HTSCC) ini berlokasi di kawasan Kota Bukit Indah (KBI) Purwakarta, Jawa Barat.

Baca juga: KTB Fuso siapkan 29 model truk berspesifikasi Euro 4

Baca juga: KTB Fuso akan bermitra dengan operator logistik kenalkan e-Canter

Baca juga: Truk hybrid HINO600 tuntaskan Rally Dakar 2022
 
 
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022