Jakarta (ANTARA News) - Agen tunggal pemegang merek PT Astra Honda Motor (AHM) mulai memasarkan sepeda motor sport untuk kelas atas (premium) CBR150 R yang diimpor dari Thailand, dengan target penjualan 2.000 unit per bulan.

"Mulai 30 Juni kami telah melakukan pemasaran (CBR150) di PRJ (Pekan Raya Jakarta), pembelian bisa dilakukan secara inden," kata Direktur Pemasaran AHM, Auddie A Wiranata, dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa AHM akan melakukan penjualan secara langsung pada 18 Juli dan ia memperkirakan pada 22 Juli sepeda motor -- yang pengembangannya terinspirasi balapan Grand Prix itu -- sudah bisa diterima konsumen.

Auddie mengakui pemasaran varian baru sepeda motor sport yang harganya mencapai Rp33 juta per unit itu untuk memperkuat citra Honda di segmen kelas atas, setelah pada Maret lalu meluncurkan CBR250R yang mampu menghasilkan penjualan lebih dari 3.000 unit dalam tiga bulan.

"Kami menargetkan penjualan Honda CBR150R sebanyak 2.000 unit per bulan," katanya. Untuk itu, AHM menyiapkan 350 dealer yang akan memasarkan model tersebut, dan 440 bengkel resmi Honda (AHAS) yang dilengkapi peralatan untuk melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motor sport kelas atas itu.

Auddie optimistis pasar sepeda motor sport masih tumbuh di Indonesia, meskipun kontribusi segmen tersebut hanya sekitar 10 persen dari total pasar sepeda motor secara nasional yang diperkirakan mencapai 8 juta hingga 8,1 juta unit tahun ini. Pada Januari-Mei 2011 penjualan sepeda motor sport secara nasional mencapai 362.636 unit atau tumbuh 38,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Presdir AHM Yusuke Hori mengakui model tersebut lebih lambat masuk ke Indonesia dibandingkan Thailand. Ia mengatakan Honda CBR150R diluncurkan di Thailand pada Juli-Agustus tahun lalu.

"Kami harus melakukan berbagai penyesuaian sistem pasokan bahan bakar PGM-FI (programmed fuel injection) terkait perbedaan bensin di Indonesia dan Thailand, sehingga model tersebut (CBR150R) baru bisa diluncurkan saat ini di Indonesia," kata Hori.

Menanggapi pertanyaan mengenai harga CBR150R yang tidak jauh beda dengan CBR250R yang non-ABS, Eksekutif Wakil Presdir AHM, Johannes Loman, mengatakan pihaknya sudah menghitung bahwa harga CBR150R sebesar Rp33 juta per unit, sudah sangat beralasan. Ia optimistis pasar Indonesia akan menerimanya.

Honda CBR150R merupakan sepeda motor sport kelas atas yang didukung oleh mesin empat tak, bersilinder 150cc, DOHC, dengan empat katup, bersilinder tunggal, serta dilengkapi pendingin cairan (liquid-cooled) dengan kipas otomatis dan "twin tube frame." Sepeda motor tersebut telah memenuhi standar emisi gas buang Euro 2.

Selain meluncurkan sepeda motor sport kelas atas, AHM juga memasarkan oli full sintetik, AHM Oil SPX-1, yang diformulasikan secara khusus oleh riset dan pengembangan Honda di Jepang, untuk melindungi mesin sepeda motor sport Honda baik CBR250R, CBR150R, maupun Tiger dan MegaPro.

(R016/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011