Jakarta (ANTARA News)- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih penghargaan dari Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota (Pemprov DKI) Jakarta sebagai perusahaan dengan predikat sangat baik dalam ketaatan dan kinerja pengelolaan lingkungan selama tahun 2010.

Penghargaan tersebut diraih atas kinerja TMMIN dalam ketaatan pelaksanaan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) seperti pengendalian pencemaran air, udara, serta pengelolaan limbah berbahaya, implementasi biopori, penerapan kawasan dilarang merokok, konservasi pemakaian sumber daya alam, dan aktivitas 'Corporate Social Responsibility' (CSR).

Toyota sendiri memiliki komitmen yang kuat untuk selalu melestarikan lingkungan. Komitmen ini tertuang dalam Toyota Earth Charter yang diaplikasikan oleh seluruh afiliasi Toyota di seluruh dunia.

Di Indonesia, Toyota sudah mengaplikasikan teknologi ramah lingkungannya di seluruh pabrik di kawasan Sunter dan Karawang. Hal itu dibuktikan lewat diterimanya sertifikasi ISO 14001.

Selain itu, Toyota juga memiliki fasilitas pengelolaan air limbah dengan total luas lahan 3.500 meter persegi yang difungsikan untuk menjaga lingkungan hidup dari limbah berbahaya, Toyota Forest seluas 180.000 meter persegi, dan beberapa taman kota di wilayah Jakarta.

Untuk program CSR, Toyota merupakan perusahaan swasta pertama yang menggelar kontes kepedulian lingkungan bagi pelajar sekuruh Indonesia program bertajuk Toyota Eco Youth. Keseluruhan aktivitas ini dilakukan sebagai kontribusi Toyota untuk mewujudkan bumi yang lebih hijau.

Penghargaan lingkungan ini merupakan program tahunan Pemprov Jakarta dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan HUT Kota Jakarta yang jatuh setiap bulan Juni.
(Ber)
Pewarta:
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011