Jakarta (ANTARA) - Toyota Astra Motor (TAM) pada Kamis merilis dua mobil berjenis sport utility vehicle (SUV) yakni New Fortuner dan All New Land Cruiser.

Vice President Director TAM Henry Tanoto mengatakan bahwa kehadiran dua SUV berbodi bongsor itu sejalan dengan peningkatan masyarakat terhadap mobil di segmen menegah ke atas itu.

"Land Cruiser sudah menjadi bagian sejarah transportasi di Indonesia. Dikenal jadi mobil yang tangguh dan diandalkan mengisi segmen SUV premium," kata Henry, Kamis.

Baca juga: Toyota buat seri manga rayakan produksi 50 juta Corolla

Ia juga mengatakan bahwa Land Cruiser edisi lawas masih tetap digunakan masyarakat Indonesia, misalnya sebagai armada wisata di medan yang sulit seperti Kawasan Wisata Bromo.

All New Land Cruiser yang dikenalkan tahun ini merupakan edisi penerus LC200 namun dengan komponen dan perubahan pada platform, yakni menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Berkat penggunaan platform global TNGA serta bodi aluminium , bobot Land Cruiser diklaim menjadi lebih ringan sehingga mengoptimalkan performa hingga konsumsi bahan bakar.

Land Cruiser terbaru hadir dengan pilihan GR-S 4X4 A/T dan VXR 4X4 A/T. TAM, bermesin 3.3 L V6 diesel.

Sedangkan untuk New Fortuner, Toyota memasang mesin baru 1GD dengan kapasitas dapur pacu 2.800 cc, yang lebih bertenaga dari mesin sebelumnya 2GD, namun dengan efisiensi yang nyaris sama.

Toyota melego All New Land Cruiser dengan harga Rp 2,327 miliar (VXR) dan Rp 2,378 miliar (GR-S). Sedangkan New Fortuner seharga Rp 580,9 juta (VRZ 4x2), Rp 597,9 juta (VRZ GR Sport 4x2) dan Rp 684,5 juta (VRZ GR Sport 4x4).

Baca juga: Toyota puncaki penjualan mobil global 2021   
Baca juga: De Villiers bawa Toyota sapu podium etape 9, Al Attiyah perlebar jarak

Baca juga: Saham Jepang jatuh karena risalah Fed "hawkish", Toyota lanjutkan reli
 
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022