Jakarta (ANTARA) - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mendapatkan kepercayaan dari PT Daimler Commercial Vehicles Manufacturing Indonesia (DCVMI) untuk memproduksi kendaraan komersial Mercedes-Benz Axor yang sudah memenuhi standar Euro4 di pabrik Wanaherang, Bogor.
​​​​
Hal ini dilakukan untuk melanjutkan komitmen dari kedua perusahaan untuk mendukung rencana pemerintah dalam penerapan standar emisi Euro 4 pada mesin kendaraan diesel mulai bulan April 2022.

President Director PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Jung Woo Park mengungkapkan bahwa penyerahan unit Mercedes-Benz Axor Euro 4 ini menjadi langkah pertama perusahaan dalam menyambut standar emisi Euro 4 yang akan dimulai pada bulan April 2022 mendatang.

​​Baca juga: Mercedes-Benz perluas layanan ExpressService di beberapa wilayah

"Sebagai bentuk dukungan PT DCVI kepada pemerintah, kami berkomitmen melakukan proses transisi lewat penyempurnaan pada produk-produk unggulan kami. Kami juga sangat senang bisa membuka babak baru bagi Indonesia yang lebih ramah lingkungan dengan menghadirkan teknologi selective catalytic reduction (SCR) dan Adblue," ungkap Jung Wo dalam keterangan resminya, Rabu.

Dalam hal ini, dia juga menyampaikan bahwa Mercedes-Benz Euro 4 Axor memiliki kombinasi teknologi yang unik untuk Indonesia. Dia menyebutkan bahwa perusahaan sudah menggunakan mesin yang terbukti untuk memastikan kinerja yang kuat dengan bahan bakar Indonesia sementara SCR akan menurunkan emisi setelah diproses di ruang bakar.

"Dengan begitu, kita bisa mengandalkan kondisi dan performa terbaik mesin selama beroperasi. Selain itu, kami meningkatkan interval perawatan menjadi 50.000 km untuk truk Euro 4 dengan sistem tambahan pada mesin yang menjaga oli mesin tetap bersih sepanjang waktu," kata dia,

Dalam kesempatan ini pula, DCVI juga membawa penyegaran untuk rangkaian produk Mercedes-Benz Axor lewat penambahan aksen baru di bagian eksterior dan interior untuk seluruh lini serta beberapa pembaharuan dari segi teknis khusus untuk 3 (tiga) varian Axor antara lain: Mercedes-Benz Axor 2528R/5700, 2523R/4500 dan 2523R/5700.

Sebagai informasi tambahan, produk unggulan dari DCVI ini diberikan Roof Sun Visor untuk melindungi pengemudi dari silau matahari dan tambahan pada ujung bemper yang stylish.

Paduan dua bagian eksterior ini membuat tampilan Axor lebih gagah saat di jalanan. Melihat lebih dekat di bagian interior, kesan mewah brand Mercedes-Benz diterjemahkan lewat perubahan warna kabin yang dominan hitam, coklat dan beige. Perubahan pola warna kursi menjadi pola 3D juga membuat tampilan interior Axor lebih mewah dan bergaya.

Dari sisi teknis, Axor terbaru ini memiliki Gross Vehicle Weight Rating sebesar 26.500 Kg dari yang sebelumnya hanya sebesar 25.000 Kg. Selain itu, Mercedes-Benz Axor ini juga mendapatkan pembaruan di bagian axle yang sebelumnya memiliki kapasitas axle depan-belakang sebesar 6.000 Kg – 19.000 Kg menjadi 6.500 Kg – 20.000 Kg.

Pada bagian ban (tyre) juga dilakukan pembaruan menjadi 11.00-20 bias sehingga lebih sesuai dengan persyaratan pasar mengenai kapasitas beban ban dan menjadi lebih cost-efficient.

Baca juga: Mercedes-Benz S-Class dan E-Class baru kini dirakit di Indonesia

Baca juga: Tiga perusahaan tarik 220.000 kendaraan karena suku cadang rusak

Baca juga: Mercedes-Benz Korea akan tingkatkan jajaran kendaraan listrik
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021