Amman (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Reli Jordania membatalkan hari pertama kejuaraan dunia itu, Kamis, karena kapal yang membawa peralatan vital untuk lomba baru tiba Rabu yang berarti terlambat dari waktu yang direncanakan.

Keputusan untuk membatalkan enam lintasan khusus (special stage/SS) hari pertama reli itu dilakukan diadakan pertemuan antara pabrik Ford dan Citroen, promotor kejuaraan serta badan otomotif internasional FIA.

Kendati hari pertama perlombaan itu dibatalkan, namun sisa 14 SS yang dilombakan Sabtu dan Minggu tetap akan menelorkan poin seperti biasa kepada para pemenangnya.

Kapal yang membawa peralatan untuk perlombaan reli dunia WRC putaran keempat musim 2011 itu tidak memasuki pelabuhan Haifa, Israel hingga Rabu pagi.

Sven Smeets, manajer tim Citroen Racing, mengatakan kepada wartawan Prancis Rabu, perahu penarik kapal dikirim untuk menolong menarik kapal yang mengalami kerusakan mesin itu, setelah tiga hari meninggalkan pelabuhan di Italia.

Kapal itu membawa peralatan yang amat dibutuhkan tim peserta serta barang-barang perusahaan North One, pemilik jaringan televisi WRC.

Pengeluaran barang-barang itu di Haifa membutuhkan waktu tiga jam dan perjalanan ke Amman diperhitungkan empat, sehingga kemungkinan barang itu belum sampai hingga Rabu petang.

Sesi latihan (shakedown) terpaksa diadakan Kamis pagi, padahal seharusnya saat itu perlombaan reli sudah dimulai.

Perlombaan reli itu sebenarnya sedang terancam karena suhu politik yang sedang panas di Timur Tengah, terutama di negara tetangga Syria.

FIA dilaporkan pada awalnya akan membatalkan event itu tetapi panitia pelaksana memberikan jaminan reli itu aman diadakan di negara itu.

Jadwal rencana awal reli itu diadakan seperti biasa mulai Minggu hingga Rabu dan juara bertahan Sebastien Loeb menganalisis lintasan dengan menggunakan kendaraan 4X4 yang disewa karena kendaraan latian Citroen belum tiba.
(A008/A023)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011