Jakarta (ANTARA) - Isuzu Indonesia berupaya menyediakan layanan purna jual yang mumpuni, termasuk kesiapan suku cadang (parts) lokal untuk armada transportasi dan logistik yang beroperasi setiap hari.

After Sales Service Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Budhi Prasetyo mengatakan, di tengah upaya menyediakan lebih banyak parts lokal, Isuzu tetap menjaga kualitas produknya sesuai standar Astra.

Hal itu perlu dilakukan agar suku cadang yang disediakan Isuzu memiliki standar kualitas dan usia pakai yang maksimal.

"Part-part yang kami kembangkan juga menyesuaikan dengan suara konsumen di lapangan agar tepat sasaran dan memberikan manfaat yang besar kepada konsumen," kata Budhi di GIIAS 2021, Kamis.

Baca juga: Isuzu umumkan lonjakan penjualan hingga 51,9 persen

"Hal itu sejalan dengan value proposition Isuzu, yaitu competitive owning & operating solution yang tak hanya meningkatkan jumlah part lokal, namun mengeluarkan program diskon agar lebih bisa memberikan manfaat kepada konsumen,” ujar Budhi.

Khusus di remote area yang jauh dari diler Isuzu, Budhi menjelaskan bahwa mereka mengembangkan channel after sales melalui program kemitraan bersama part shop dan bengkel umum di wilayah tersebut.

"Bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani lebih baik. Kerja sama dengan channel after sales itu dilakukan baik di Pulau Jawa maupun luar Jawa,” kata dia.

Selain ketersediaan suku cadang, Customer & Product Services PT IAMI Heri Wasesa juga menyoroti perlunya pelatihan untuk para pengemudi guna meningkatkan efisiensi dan keselamatan kerja.

"Diharapkan hal itu mampu memberikan edukasi kepada pengendara kendaraan Isuzu untuk berkendara dengan lebih aman dan hemat serta kendaraan yang terawat yang mengurangi risiko kerugian bisnis akibat kurang terawatnya kendaraan maupun imbas kelalaian pengemudi dalam berlalu lintas,” ujar Heri.

Sejalan dengan upaya itu, Isuzu memiliki layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp untuk memesan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan.

“Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standby ready on call 24/7 yang siap membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan anda dalam kondisi apapun dan kapanpun,” Heri.

Apresiasi SELOG dan Satpol PP

Isuzu Indonesia memberikan apresiasi kepada pelanggan yang tetap beroperasi dan menggunakan layanan Isuzu di masa pandemi guna melayani masyarakat, antara lain PT SELOG dan Satpol PP.

Direktur PT Serasi Logistic Indonesia (SELOG) Adil Juna Ginting mengatakan bahwa perusahaannya menggunakan kendaraan Isuzu karena ketersediaan layanan dan suku cadang.

"Kami menggunakan semua kendaraan Isuzu mulai Traga sampak truk yang lainnya. Pelayanan dari Isuzu juga begitu bagus, jam berapa pun mengalami bantuan langsung ditangani dengan baik," kata Adil.

Pada Rabu (17/11) Isuzu juga memberikan apresiasi kepada tiga mitra bisnis antara lain Astra Agro Lestari, Petronesia Benimel, dan SiCepat Express yang mengutamakan keamanan dan keselamatan pengemudi sebagai salah satu bagian penting dalam aktivitas bisnis transportasi dan logistik.

Baca juga: Isuzu apresiasi mitra bisnis konsisten utamakan keselamatan berkendara

Baca juga: Presiden Jokowi bahas peningkatan komponen lokal Isuzu di GIIAS 2021

Baca juga: Penjualan Isuzu D-Max naik berkat pertumbuhan harga komoditas
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021