Jakarta (ANTARA News)- Hyundai Motor Co, pabrikan otomotif kelima terbesar di dunia, bekerja sama dengan Kia Motors Corp berencana memproduksi sedan Sonata versi plug-in hybrid secara massal pada 2013.

Hyundai telah menyelesaikan  pengembangan mobil hybrid plug-in dan telah menguji coba purnarupa, demikian lapor surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo seperti dikutip Reuters awal pekan ini.

Juru bicara Hyundai mengatakan perusahaan itu berencana mengeluarkan satu model listrik pada 2013 tetapi dia tidak merinci model yang akan dirilis tersebut.

Kendaraan berteknologi plug-in hybrid bisa mengisi ulang baterai menggunakan aliran listrik biasa, berbeda dari mobil hybrid konvensional yang akan mengisi ulang baterainya  hanya jika pengemudinya menginjak rem.

Hyundai dan Kia dikenal lamban dalam perlombaan mobil listrik karena mereka fokus pada mobil hemat bahan bakar.

General Motors Co sebelumnya telah memperkenalkan hybrid Volt sedangkan Toyota berencana akan meluncurkan mobil serupa pada 2011 dan Honda pada 2012.

Hyundai rencananya akan meluncurkan sedan Sonata hybrid di Korea Selatan pada bulan Mei, sementara Kia akan mengeluarkan Optima Hybrid pada bulan yang sama.

"Ada beberapa halangan untuk mengeluarkan mobil listrik murni karena pendeknya jarak tempuh dan kurangnya fasilitas pengisian kembali," demikian keterangan pejabat Hyundai seperti dikutip Chosun Ilbo.
(Ber/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011