Jakarta (ANTARA News) - Tim balap mobil Honda Bandung Center - Oto Multiartha Racing Team (HBC-OTO RT) yang diperkuat pebalap utama Fitra Eri akan mengincar posisi terbaik di kelas perorangan maupun tim pada musim ini.

Pebalap Fitra Eri sendiri akan tampil di kelas seeded A dengan didampingi pebalap Andrew Haryanto (kelas seeded B) dan Agung Dorojatun (kelas seeded B), kata Direktur tim Direktur Albert Ang dalam siaran pers tim HBC-OTO RT yang diterima ANTARA di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, untuk urusan balap Sentul, HBC Racing Team ini bukanlah tim baru. HBC Racing Team sudah memulai balapan sejak tahun 2006.

Sejak itu sejumlah pembalap nasional telah mengharumkan nama HBC dengan prestasi cemerlang, misalnya pembalap nasional Chandra Alim yang mempersembahkan gelar juara umum Jazz Speed Challenge 2007.

Kemudian ada Haridarma Manopo yang berkolaborasi dengan Chalim, begitu sapaan pembalap nasional Chandra Alim, mempersembahkan gelar runner up Jazz Speed Challenge dan Indonesian Grand Touring Car Championship 2008-2010.

Selain itu, ada Ronny S. Tedja (juara nasional GT Promotion 2007), Oke D. Junjunan (runner up Jazz Speed Challenge dan GT 2006), dan lain-lain.

Sebelum bersinergi dengan HBC Racing Team, PT. Oto Multiartha (OTO) yang merupakan perusahaan pembiayaan otomotif terkemuka di Indonesia ini juga telah memiliki pengalaman mendukung kegiatan motorsport nasional.

Sekitar tahun 2007, OTO secara resmi terjun di ajang balap mobil nasional dengan mengibarkan bendera OTO Multiartha Racing Team, dengan pembalap utama Fitra Eri.

"Ini merupakan komitmen kami di ajang motorsport nasional, khususnya balap mobil nasional. Aktifitas ini sekaligus untuk lebih menyemarakkan dunia bisnis pembiayaan otomotif dengan inovasi-inovasi baru yang lebih menarik," kata Edi Suyitno, Direktur PT. Oto Multiartha dalam peluncuran tim di Paris Van Java, Bandung Jawa Barat, Sabtu malam.

Kenyataan ini, membuat peluang HBC-OTO Racing Team menduduki tempat paling terhormat pada musim balap 2011 sangat kuat.

Apalagi, selain didukung pebalap-pebalap berpengalaman dan sarat prestasi, tim bentukan HBC dan OTO ini juga disupport GT Radial, pelumas TOP 1 dan Monster Bike.

Khusus untuk balapan di Sirkuit International Sentul, Honda Jazz yang digunakan sebagai kuda pacu itu akan menggunakan ban Champiro SX1, yaitu ban semi-slick yang khusus dibuat untuk balap.

"Champiro SX1 ini sengaja dibuat untuk keperluan adu cepat di trek balap. Ban ini dibuat dengan konstruksi dan kompon khusus, dan merupakan hasil pengembangan PT. Gajah Tunggal Tbk selama bertahun-tahun, terbukti bahwa selama mensponsori gelaran Indonesian Series of Motorsport ini, GT Radial Champiro SX1 memiliki performa yang baik dan terus meningkat," kata Lola Harahap, Communication and Media relations Officer PT. Gajah Tunggal Tbk.

Kemampuan maksimal juga diperlihatkan produsen pelumas TOP 1. Khusus untuk mendukung penampilan tertinggi HBC-OTO Racing Team, pihaknya menyiapkan pelumas dengan formulasi khusus, yaitu dengan viscositas 0W-20 yang diramu langsung dari Negeri Paman Sam, AS.

"Sebenarnya secara basis, pelumas khusus ini sangat mirip dengan yang ada di pasaran, namun kami memodifikasi sedikit untuk menyesuaikan permintaan tim akan kebutuhan mesin balap di Honda All New Jazz ini," terang Derrick Surya, Head of Marketing TOP 1 Indonesia.

"Bagi kami, ajang balap sekaligus menjadi sarana riset dan pengembangan paling ampuh." katanya

Sementara untuk urusan teknik mesin, M. Taqwa dari Garden Speed, Jakarta sudah mengeluarkan jurus ampuhnya.

Honda Jazz tahun 2010 yang digunakan sudah mengalami penanganan yang khusus, sehingga mampu menjadi kuda kompetisi bagi pebalap-pebalap HBC-OTO Racing Team meraih targetnya sebagai juara nasional, baik tim maupun perorangan.
(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011