Jakarta (ANTARA News) - Gempa dan tsunami di Jepang pada 11 Maret juga  menghantam industri otomotif negeri Sakura itu.  Toyota Indonesia  menggagas program bertajuk "Toyota Indonesia care for Japan prayer & contemplation" sebagai dukungan untuk pemulihan dari  bencana.

"Kami menggalang donasi yang mungkin bisa berkontribusi untuk membantu korban bencana di Jepang," kata Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor Johnny Darmawan dalam acara renungan di Jakarta, Rabu.

Johnny mengatakan bahwa ketika musibah melanda Jepang, "kita turut merasakan beban yang mereka rasakan,  seperti juga ketika musibah melanda Indonesia."

Dia mengemukakan Toyota Indonesia tergerak untuk memberikan uluran tangan demi pemulihan dari  bencana tersebut.

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri mengatakan bahwa  pemerintah Jepang  mengucapkan terima kasih kepada Toyota Indonesia.

"Saya tidak bisa mengungkapkannya dengan perasaan atas bantuan yang diberikan, saya akan sampaikan pesan ini untuk warga Jepang," katanya.

Ia mengatakan bahwa  "kita tak akan jatuh pada kesedihan, kami akan bangun dan bangkit, anda kepanjangan tangan dari kami, anda menguatkan kami, anda menjabat tangan sebagai teman sejati.Dan bagi kami bangkit tidaklah cukup kami ingin negara kami lebih kuat dan lebih baik terima kasih atas dukungan anda."

Selain mengadakan acara doa dan renungan , Toyota Indonesia juga menyampaikan dukungan bagi Jepang,melalui perwakilan kedutaan besar Jepang di Indonesia. Bersama-sama,seluruh keluarga besar Toyota mengumpulkan dana hingga Rp4.8 Milyar untuk bantuan ke Jepang.

Dana itu merupakan donasi yang dihimpun bersama  antara PT.Toyota Astra Motor (TAM), PT.Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN), 55 anggota Toyota Manufacturers (TM) Club, beserta 5 main dealer Toyota (Auto 2000, New Ratna motor, Agung Automall, Hadji kalla, Hasjrat abadi), dan 27 dealer Toyota.

"Kami percaya Jepang akan kembali bangkit dan pulih seperti sedia kala, dan untuk itu Toyota Indonesia mendoakan serta mendukung sepenuhnya," ujar Johnny.
(yud/A038)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011