Jakarta (ANTARA News) - Berawal dari masukan para pelanggan,  agen Mitsubishi Motors di Indonesia membuat varian baru Strada Triton.  Varian baru itu diberi nama Strada Triton HD-X, paling gampang dikenali dari tampilan khasnya yang menggunakan ban luar yang lebih besar, jenis MT 245/75/R16.

"Konsumen kami khususnya dari pertambangan  memberikan masukan-masukan, jadi kami buat yang sesuai dengan keperluan mereka, varian ini membuat kami jadi pelopor untuk kendaraan khusus pertambangan," kata Rizwan Alamsjah, Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors,  agen tunggal pemegang merek Mitsubisi Motors Corporation.

KTB memilih untuk meluncurkan produk tersebut di Balikpapan karena di provinsi Kalimantan Timur terdapat banyak pelanggan mereka dari terutama pertambangan.

HDX  menggunakan tipe 4M40 SOHC 4 silinder direct diesel injection/natural aspiration. "Bagus untuk offroad," kata Abdul Rauf dari Strada Departement PT KTB.

Varian yang sudah ada seperti GLS menggunakan mesin 4D56 DOHC 16 valve, 4 silinder commonrail diesel injection intercooler & turbocharger.

Rauf menerangkan, suspensi pada HDX berbeda dengan varian lainnya, begitu pula jumlah per daun lebih sedikit. "Semuanya agar kendaraan makin stabil di tikungan. Konsumen menginginkan begitu," katanya.

HDX, yang dibanderol Rp268 juta,  memiliki ground cleareance yang tinggi sehingga makin aman di jalan berbatu. Wheel housenya juga luas sehingga cocok untuk medan terjal.

Strada Triton pada 2010 terjual 6.196 unit (naik 29 persen dari tahun sebelumnya). Sejak diluncurkan tahun 2005, hingga kini sudah 36 ribu unit terjual. Varian termahal Strada Triton adalah Double Cabin Exceed A/T seharga Rp316 juta.

"Produk kami mungkin lebih mahal dari merek lain yang sejenis, tapi sebagai investasi, bisa dianggap paling murah karena kami memberikan 2 tahun perawatan/40 ribu km termasuk oli dan garansi mesin 3 tahun atau 100 ribu km dan nilai jual kembalinya tinggi," kata Rauf.
(A038/A038)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011