London (ANTARA News) - Pengguna kendaraan listrik ternyata tak perlu pusing memikirkan waktu lama untuk "cas" baterai.

Better Place, perusahaan yang mengkhususkan diri untuk jasa penukaran baterai, mulai membuka usahanya di Eropa sejak 3 Maret.

Para pemakai kendaraan listrik cukup membawa mobil mereka ke Better Place. Baterai yang sudah hampir habis  ditukar dengan baterai isi penuh.

Waktu penggantian sama lamanya dengan mengisi bensin di pom. Robot-robot khusus menangani penggantian itu dan pengemudi tak perlu turun dari kendaraan.

Pusat pengisian baterai pertama di Eropa itu dibuka dalam kerjasama dengan Renault. Lokasinya di ibukota Denmark, Kopenhagen, kota yang diasosiasikan ramah lingkungan berkat konferensi perubahan iklim COP15 tahun lalu.

Better Place sudah menguji coba cara tersebit di Tokyo terhadap armada taksi bermesin listrik.

Selama ini jarak tempuh dan waktu pengisian masih menjadi masalah bagi kendaraan listrik seperti Nissan Leaf.  Better Place yakin  stasiun penukaran mereka  merupakan jawaban untuk pengemudi perkotaan.

Pembukaan stasiun di  Eropa  adalah dalam kemitraan dengan Renault karena pabrikan  Prancis itu akan merilis  Fluence Z.E.  akhir tahun ini. Kemungkinan kendaraan itu akan menjadi salah satu yang pertama yang menggunakan jasa Better Place.

Renault akan menawarkan Fluence dari harga 27.496 euro dan Better Place akan menawarkan kepada pengemudi salah satu dari lima paket  mulai dari 199 euro per bulan menjadi 399 euro (termasuk  biaya 1.341 euro untuk instalasi "charger" rumah).
(ENY/A038)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011