Jakarta (ANTARA News) - Saat merek-merek besar memamerkan kendaraan terbaru dengan rancangan futuristik dan tenaga hibrid atau listrik, satu perusahaan mencuri perhatian lewat kendaraannya yang unik dalam ajang Geneva Motor Show yang sedang berlangsung.

Morgan, konon perusahaan otomotif terakhir yang masih "murni" Inggris, menampilkan kendaraan 3 roda, tampangnya kuno tapi bisa melesat hingga 115 mil/jam.

Biarpun bodinya "mungil-ngil", mesin Morgan 3 roda  berkapasitas 1,9 liter yang menghasilkan akselerasi 60 mph dalam 4,5 detik.  Masuk akal karena 115 tenaga kuda hanya dibebani berat kendaraan yang setengah ton ditambah berat penumpang.

Satu galon bisa untuk 50 mil, satu tangki penuh bisa untuk menjelajahi 400 mil. Harganya 30ribu pound (setara harga baru BMW 520 diesel stationwagon) dan sudah 300  fanatik yang memesan dengan DP 7ribu pound.

Di Inggris, kendaraan tiga roda tak termasuk golongan mobil sehingga pajak tahunan 3 roda cuma 17 pound. (BMW 520 sekitar 110 pound).

Yang unik, tombol startnya menggunakan barang yang sama dengan tombol untuk menjatuhkan bom di pesawat tempur baru, Eurofighter.

"Kami cari perusahaan pembuat tombol itu lalu kami pesan  untuk dipasang di dashboard," kata perancang Morgan 3 roda, Matthew Humphries.
(A038/A038/BRT)
Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011