Berlin (ANTARA News) - AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis sekaligus produsen bahan kimia yang berpusat di Amsterdam, Belanda, mengumumkan peningkatan kerjasama dengan Vodafone McLaren Mercedes.

Pengumuman kerjasama itu disampaikan dalam peluncuran mobil baru MP4-26 Formula 1 di Berlin pada Jumat (4/2). Kali ini logo AkzoNobel tercantum di sayap belakang mobil balap tersebut.

Kedua perusahaan telah bekerjasama sejak 2008 ketika AkzoNobel, melalui merek Sikkens, menjadi pemasok resmi cat mobil untuk tim Formula 1 Vodafone McLaren Mercedes.  

Dalam perjanjian terbaru, yang berlaku selama empat tahun ini, AkzoNobel akan bekerjasama dengan McLaren Racing dalam mengembangkan teknologi lingkungan khusus yang akan digunakan pada Formula 1 dan pada industri yang lebih luas.

"Kemampuan inovatif kami sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan McLaren akan performa yang tinggi," kata Hans Wijers, CEO AkzoNobel, dalam siaran pers.

"Pengetahuan yang kami peroleh dari kemitraan selama ini telah memungkinkan kami untuk menggunakan 80 persen teknologi cat yang diciptakan khusus untuk McLaren Racing menjadi sesuatu yang juga bernilai komersil bagi para pelanggan AkzoNobel."

Menurut Wijers, perjanjian yang baru ini akan melanjutkan usaha untuk menghasilkan produk bahan pelapis (coating) terbaru dengan kualitas superior yang saat ini sedang dirintis oleh kedua perusahaan.

Chairman McLaren Group, Ron Dennis menambahkan: "Kami sangat gembira dapat memperluas kemitraan kami dengan AkzoNobel yang telah banyak berkontribusi terhadap peningkatan kinerja dan efisiensi, termasuk mengurangi bobot mobil F1 dan mempersingkat waktu proses pengeringan cat."

Mobil MP4-26 baru yang dilengkapi dengan sistem Sikkens high gloss ini akan dikendarai oleh dua mantan juara dunia Jenson Button dan Lewis Hamilton. Pembukaan Grand Prix musim ini akan berlangsung di Bahrain pada (13/3).

(ENY/S026)
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011