Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo mengapresiasi dan mendukung langkah institusi pendidikan yang berkontribusi dalam pengembangan kendaraan listrik.

Ia juga meyakinkan bahwa IMI akan terus berkomitmen untuk membantu dan mendukung pengembangan motor listrik, salah satunya dengan mencarikan pihak sponsor dan mengawal proses uji tipe kendaraan di Kementerian Perhubungan.

"IMI bersedia menjadi sponsor untuk mendukung motor listrik ini dalam uji tipe sehingga nantinya kendaraan ini layak untuk jalan di jalan umum," kata Bambang Soesatyo saat menyambut kedatangan tim touring motor listrik Universitas Budi Luhur BL-SEV01 di Jakarta, Selasa.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet itu, uji tipe kendaraan listrik sangat dibutuhkan untuk membuktikan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa kendaraan itu layak digunakan dari segi keselamatan, keamanan hingga kenyamanan, dan sesuai dengan regulasi kendaraan di Indonesia.

"Uji tipe ini nantinya akan menguji seberapa nyaman, aman dan motor listrik ini dikendarai, dan jika ada kendala kalau motor listrik terbakar bagaimana penanganannya," jelas dia.

"Saya yakin dan percaya dengan kawan-kawan di tim BL-SEV01 pasti mereka mampu melewatinya itu dan seterusnya IMI akan mengawal hingga motor ini bisa diproduksi secara massal," kata dia.

Sebagai informasi, motor listrik BL-SEV01 berhasil menempuh uji coba pada rute Jakarta-Mandalika dengan jarak jelajah hingga 1.340 km selama 17 hari.

Motor listrik besutan Universitas Budi Luhur itu hadir dengan spesifikasi motor listrik BLDC 96 Volt yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 16 kW, dan didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Bamsoet menambahkan, keberhasilan uji coba itu membuktikan bahwa institusi akademis mampu memberikan inovasi kendaraan listrik untuk mobilitas masa depan.

"Apa yang dilakukan ini adalah suatu perjuangan dalam rangka mengurangi beban negara plus beban bumi atas polusi yang dihasilkan knalpot yang selama ini ada," ungkap Bamsoet.

Baca juga: Motor listrik besutan UBL dan LIPI jajal lintasan Sentul

Baca juga: UBL luncurkan BL-SEV01 hasil kolaborasi bersama LIPI dan Katros Garage

Baca juga: UBL kembali uji kemampuan BL-SEVO1 di Sirkuit Sentul

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021