Jakarta (ANTARA) - Pembuat suku cadang mobil terbesar di Korea Selatan Hyundai Mobis Co. mengatakan pihaknya telah mengembangkan setir yang dapat dilipat untuk kendaraan masa depan.

Mengutip Yonhap, Selasa, afiliasi Hyundai Motor Group itu mengatakan pihaknya mengembangkan setir lipat setelah melakukan penelitian selama dua tahun. Perusahaan juga mengatakan saat ini mereka sedang berusaha mendapatkan paten untuk sistem baru tersebut.

Sistem itu memiliki setir yang dapat dilipat di dalam dasbor dan bergerak hingga 25 sentimeter bolak-balik untuk menciptakan lebih banyak ruang bagi kursi pengemudi.

Baca juga: Genesis GV60 bakal dilengkapi pengenalan wajah untuk buka tutup pintu

Sistem tersebut juga memungkinkan kursi pengemudi bisa diputar 180 derajat sehingga dapat menghadap penumpang di kursi belakang.

Hyundai Mobis mengatakan, pihaknya menerapkan teknologi steer-by-wire (SBW) dengan sistem yang berfungsi mengamankan daya tahan dan keamanan.

SBW merupakan solusi agar kemudi dapat dikendalikan secara elektronik. Hal itu menghilangkan koneksi mekanis antara roda dan setir sehingga memungkinkan kemudi yang lebih nyaman dan responsif.

Dengan sistem baru itu, Hyundai Mobis berencana meningkatkan kehadirannya di sektor mobilitas masa depan, termasuk mobil otonom dan mengembangkan solusi mobil yang lebih maju yang dapat berguna bagi produsen mobil global.

Baca juga: Kelangkaan chip kembali pukul penjualan Hyundai

Baca juga: Hyundai tantang startup berkompetisi buat proyek EV

Baca juga: Hyundai Glovis akan perluas jaringan bisnis ramah lingkungan

Pewarta: KR-SCI
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021