London (ANTARA News) -  Akhirnya, tersedia mobil yang  mudah untuk diterbangkan, mengonsumsi bensin biasa dan benar-benar ada.

Guardian melaporkan, Mobil terbang Transition Roadable Aircraft yang diciptakan oleh perusahaan Amerika Terrafugia, sudah lepas landas dan mampu untuk beralih antara mengemudi dan terbang dalam waktu sekitar 20 detik.

Sebelumnya, beberapa pemikir tua delusional yang muncul di Tomorrow's World atau Blue Peter,  memamerkan beberapa hatchback melayang-layang atau-Cortina dengan-sayap. Mereka sesumbar  hal itu akan jadi kenyataan tapi faktanya tak pernah ada.

Nah, akhirnya, pada 2011, ada langkah dari perusahaan lain. Tahun ini perusahaan Amerika bernama Terrafugia akan "memproduksi dengan volume rendah" Transition Roadable Aircraft.

Ini mobil asli, bukan delusional, bisa dibeli dan benar-benar mobil terbang. Mobil itu agak mirip kendaraan Ghostbuster dengan sayap lipat dan akan dijual dengan harga antara 125.000 poundsterling dan 160.000 poundsterling. Carl Dietrich, CEO Terrafugis berharap untuk menjual 200 per tahun.

"Banyak orang mengatakan mereka tidak pernah berpikir mobil itu benar-benar diproduksi. Tetapi, kami  sudah punya dan saat ini  bisa berkendara dan terbang, dan berubah di antara keduanya dalam 20 detik," kata Dietrich.

Terrafugia (bahasa Latin untuk "melarikan diri dari daratan') didirikan oleh Dietrich dan satu tim yang berisi pilot dan insinyur aeronatika.

Sebagian didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dan mereka sudah diam-diam mengerjakan kendaraan itu di Woburn, Massachussetts sejak 2006, dan  kini hampir siap untuk mulai menjual.

Pemilik Transition baru harus punya 20 jam penerbangan  sebelum  mendapat izin mengepakkan sayap mekanik dan tinggal landas.

Kolonel Phil Meeter, orang pertama yang menerbangkan Transition dalam uji coba di bagian utara negara bagian New York tahun 2009, mengatakan "Putri saya bisa melakukan ini! Siapa saja bisa melakukannya!" kata Meeter.

Mobil itu memiliki jangkauan terbang kurang dari 500 mil (Cukup untuk penerbangan dari London ke Zurich, Swiss) dan akan berjalan pada kecepatan 115mph.

Perusahaan Amerika itu menargetkan konsumen Amerika. Mobil terbang Terrafugia lengkap untuk menampung kemewahan.

Mobil itu memiliki kontrol layar sentuh di kokpit, dan "wilayah kargo klub golf." Dengan sayap tucked-up mode Transition bisa diisi bensin di pom bensin biasa dan diparkir di garasi biasa. Mobil itu juga memiliki parasut  yang sudah built-in.
(ENY/A038/BRT)

Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2011