Jakarta (ANTARA) - Overheat akibat kipas otomatis mobil yang mati bisa menghambat perjalanan saat berkendara.

Kipas radiator yang terpasang pada mobil memiliki fungsi membuang suhu panas yang dihasilkan oleh mesin mobil ketika sedang dinyalakan agar mobil tidak mengalami overheat dan dapat berjalan dengan optimal.

Baca juga: Lima langkah hilangkan jamur pada cat kendaraan

Ketika kipas radiator pada mobil mati atau bermasalah, maka suhu panas yang dihasilkan oleh mesin mobil akan mengendap dan menyebabkan overheat.

Oleh karena itu, kipas radiator ini memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kestabilan temperatur mobil itu sendiri.

Auto 2000 dalam laman resminya membagikan empat kiat mengatasi masalah tersebut.

1. Pengecekan relay fan
Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada relay motor fan. Jika relay motor fan masih dapat berputar, maka bisa dipastikan bahwa bagian pada mobil yang bermasalah adalah temperatur suhu dan Anda perlu mengganti komponen tersebut.

2. Test lamp
Cara kedua adalah dengan melakukan test lamp. Apabila hasil dari test lamp adalah nyala, maka ada kemungkinan kerusakan terjadi pada bagian rangkaian kabel dan juga soket.

3. Cek bagian brush
Selain itu juga dapat melakukan pengecekan pada bagian brush. Ketika bagian brush habis, maka Anda tinggal melakukan penggantian agar kipas radiator mobil dapat berfungsi kembali.

4. Panggil teknisi
Cara terakhir adalah memanggil teknisi mobil terpercaya untuk membantu memperbaiki kipas radiator mobil.

Jika tidak terlalu memahami bagian-bagian pada mesin mobil dan mencoba untuk memperbaikinya sendiri, maka kemungkinan terjadinya kerusakan yang lebih fatal akan lebih tinggi sehingga lebih baik untuk Anda memanggil teknisi mobil yang dapat memperbaiki kipas radiator tersebut.

Dalam hal ini, terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat terjadinya kipas otomatis mati kemungkinan karena adanya komponen yang terputus seperti sekring, kabel, dan drive belt.

Selain itu, kemungkinan kipas otomatis mati juga bisa disebabkan akibat motor dari kipas itu sudah tidak berfungsi dengan baik dan juga kemungkinan besar lainnya adalah karena disebabkan pemasangan soket yang kurang kencang atau usai dari soket itu sendiri yang sudah lama sehingga bisa kendor.

Baca juga: Tips rawat mobil di masa PPKM agar tetap di kondisi optimal

Baca juga: Tips rawat dan jaga kebersihan mobil selama di rumah aja

Baca juga: Lima tanda kampas kopling mobil harus segera diganti

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021