Jakarta (ANTARA) - Jamur yang berkembang biak pada cat kendaraan memang kerap kali membuat para pencinta kendaraan merasa tidak nyaman melihatnya, karena akan merusak tampilan dari kendaraan itu sendiri.

Mengutip dari laman resmi Auto 2000 pada Rabu, jamur yang berada pada body kendaraan itu biasanya berasal dari berasal dari air hujan.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan disarankan mencuci mobil yang telah terkena hujan dan memastikan untuk mengelap seluruh permukaan body mobil hingga benar-benar kering agar tidak menimbulkan jamur.

Berikut lima langkah menghilangkan jamur pada cat kendaraan secara mandiri di rumah, tanpa harus ke salon perawatan kendaraan:

1. Menggunakan Alkohol

Alkohol sangat sering digunakan untuk membersihkan segala sesuatu, termasuk jamur. Untuk penggunaannya, AutoFamily dapat menggunakan cairan alkohol 50 hingga 90 persen dan tuangkan alkohol tersebut pada kain lembut.

Kemudian, gosokkan kain tersebut pada cat mobil yang tumbuh jamur hingga bersih, kemudian gunakan kain bersih dan kering untuk menyerap sisa-sisa alkohol pada cat mobil.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Pemilik kendaraan cukup menyiapkan pasta gigi yang sudah diaplikasikan pada kain bersih, kemudian oleskan pada bagian cat mobil yang tumbuh jamur secara merata, lalu diamkan selama beberapa saat hingga pasta gigi mengering. Selanjutnya, bersihkan dengan air kemudian lap cat mobil hingga kering.

3. Menggunakan Cuka Apel

AutoFamily cukup mencampurkan 3 sendok makan cuka apel dan 1 liter air, kemudian celupkan kain lembut lalu gosokkan kain tersebut pada bagian cat mobil yang berjamur hingga jamur bersih dan menghilang. Lalu, jangan lupa untuk mengelap sisa-sisa cairan cuka yang menempel hingga benar-benar kering.

4. Menggunakan Air Soda

Banyak tips-tips yang menggunakan air soda untuk membersihkan karat dan barang-barang lainnya. Di sini, AutoFamily juga dapat menggunakan air soda tersebut untuk membersihkan jamur pada cat mobil.

Caranya hampir sama dengan cara-cara lainnya. Siapkan kain bersih dan tuangkan air soda, lalu lap ke bagian cat mobil yang berjamur kemudian keringkan.

5. Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara terakhir untuk membersihkan jamur yang menempel pada cat mobil adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Selain digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada cat mobil.

AutoFamily cukup menggosokkan kain yang sudah dicelup ke dalam cairan pemutih pakaian pada bagian cat mobil yang berjamur, kemudian bilas dengan air bersih. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengelap body mobil hingga benar-benar kering.


Baca juga: Sistem kerja fuel pump pada kendaraan

Baca juga: Cara aman merawat v-belt motor matik

Baca juga: Lima tanda kampas kopling mobil harus segera diganti

Pewarta: KR-CHA
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021