Jakarta (ANTARA News) - Mobil Honda dinobatkan sebagai mobil paling ramah lingkungan atau Greenest Automaker untuk kelima kalinya secara berturut-turut oleh Union of Concerned Scientist (UCS) Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut diterima diberikan kepada produsen mobil yang memiliki tingkat emisi gas polutan paling rendah di AS.

"UCS memberikan nilai terhadap delapan produsen otomotif di AS yang mewakili 92 persen penjualan," kata Executive Vice President American Honda Motor Co John Mendel dalam siaran pers, Kamis.

John melanjutkan, berdasarkan metode tersebut, Honda meraih total 86 poin, lebih lebih rendah 14 poin dibanding rata-rata industri sebesar 100 poin. Ini merupakan yang terendah dibanding produsen lainnya.

Dengan demikian, kata John, Honda telah menempati peringkat terbaik sejak UCS mengadakan penelitian pertama kalinya pada tahun 2000.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, sebagai perusahaan global, di Indonesia, kata dia, mesin i-VTEC dan berbagai teknologi di seluruh model Honda dirancang untuk pembakaran yang lebih sempurna dan efisien, sehingga berkontribusi besar terhadap efisiensi bahan bakar dan emisi yang bersih.

Hasilnya, lanjut dia,seluruh produk Honda di Indonesia telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Honda juga selalu melakukan terobosan dalam produk ramah lingkungannya, seperti dengan meluncurkan Honda Insight sebagai mobil hibrida dengan harga paling terjangkau dan memperkenalkan Honda CR-Z sebagai mobil pertama di dunia yang menggabungkan konsep hibrida dan performa sport.
(ANT-258/A038)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010