Jakarta (ANTARA News)- 'Cygnet',  city car buatan pabrikan mobil sport mewah, Aston Martin, sedang dirancang dan dirakit di Gaydon, markas besar merk  asal Inggris itu.

Cygnet disebut sebagai 'solusi tepat a la Aston Martin untuk perkotaan yang memberikan kemewahan dan individualitas'. ,Cygnet diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Jenewa Motor Show, Maret 2010, berakar pada desain dan teknologi Toyota iQ.

Cygnet merupakan hasil desain ulang interior maupun eksterior oleh tim Aston Martin. Harganya diperkirakan  30.000 Poundsterling. Perusahaan itu juga yakin bisa memproduksi 4000 unit mobil itu pertahun.

Cygnet akan digerakan oleh mesin Toyota berkapasitas 1,33 liter dengan sistem percepatan manual. Tetapi Aston meyakinkan para pelanggan akan merasakan pengalaman yang lebih 'unik'.

"Saatnya untuk berpikir dengan cara lain. Aston Martin jujur dan kami tak pernah kompromi," kata Ulrich Bez, bos Aston Martin seperti yang dikutip The Telegraph.

"Semua yang kami kerjakan, kami kerjakan dengan benar. Jika kami mengerjakan bagian performa, kami akan kerjakan bagian itu. Kami tidak kenal "downsize" atau berkompromi soal mobil 'sport'. Cygnet diproduksi untuk memuaskan tuntutan terkait ruang dan emisi," papar Bez melanjutkan.

"Ini adalah mobil tanpa kompromi, seperti produk Aston Martin lainnya. Pelanggan kami butuh mobil kecil untuk keperluan perkotaan dan mereka ingin perangkat yang benar untuk pekerjaan yang tepat, untuk memperkecil kendaraan secara kreatif, tanpa mengurangi kecerdasan, sisi artistik, dan kepribadian," ujar Bez.

Seperti dalam gambar yang telah diluncurkan oleh pabrikan itu, produk baru mereka itu akan tampak lebih 'sporty' dengan tampilan roda anyar serta interior yang mewah, lengkap dengan lambang Aston Martin yang terkenal.

"Cygnet dirancang untuk mendukung mobil 'sport' kami dengan menyediakan tingkat kebebasan yang lebih besar dalam konteks perkotaan. Mobil ini sangat istimewa, premium tetapi dalam paket 'compact' yang memiliki hati, jiwa, dan kepribadian," papar Bez lebih lanjut.

Cygnet akan mulai diproduksi musim panas yang akan datang dan mulai dipasarkan pada 2011.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010