Jakarta (ANTARA News)- 'Popemobile', nama untuk mobil yang digunakan untuk mengantar Paus, terus berubah sepanjang masa tetapi tungangan 'Bapa Suci' itu selalu menarik perhatian kemana saja ia melaju di dunia.

Minggu ini, Paus, akan melawat ke Inggris, kunjungan kepausan pertama sejak tahun 1982, dan seperti biasanya para penggemar Popemobile tidak akan dikecewakan.

Paus Benediktus XVI tiba di Skotlandia Kamis (9/9) dan kemudian akan mengunjungi Edinbugh, Glasgow, London, serta Birmingham.

Popemobile yang didesain khusus memungkinkan Paus yang telah berusia 83 tahun itu untuk duduk dan melambaikan tangannya ke para pengikutnya dari dalam kotak kaca yang terletak di belakang kendaraan itu. Kaca itu antipeluru.

Di kursi kemudi duduk pengemudi dan petugas keamanan yang selalu bersiaga.

Awalnya mobil kepausan tidak tertutup seperti sekarang tetapi usaha pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II pada 1981 mengubah tradisi itu.

Dua mobil kepausan tiba di Inggris minggu ini dengan nomor kendaraan SCV 1 dan SCV. SCV merupakan singkatan dari Stato della Citta del Vaticano, bahasa Italia untuk menyebut Kota Vatikan.

'Popemobile' merupakan hasil rancang ulang dari mobil 'sport', Mercedes Benz M Class yang bernilai sekitar 75.000 Poundsterling.

Meski bisa mencapai kecepatan 99 mil per jam, mobil itu hanya akan melaju pelan ketika ditumpangi sang Paus.

"Tahta Suci memiliki dua Popemobile tetapi masih ada yang lain di dunia," kata Dr Alberto Gasbarri, yang mengatur perjalanan kepausan.

"Dua kendaraan ini telah dikirim ke Inggris dalam sebuah peti kemas yang aman dan kini sedang berada di tempat rahasia," lanjut Gasbarri.

"Kedua kendaraan itu menggunakan bahan bakar ramah lingkungan dan pengemudinya akan diambil alih oleh orang Inggris yang ditentukan oleh otoritas setempat," papar Gasbarri lebih jauh.

"Tiap 'Popemobile' itu telah mempunyai jarak jelajah 5.000 kilo meter, yang tentu masih bagus untuk kendaraan yang telah berumur delapan tahun," ujar Gasbarri menambahkan.

'Popemobile' mulai diperkenalkan setelah wafatnya Paus Paulus VI pada 1978 untuk menggantikan 'sedia gestatoria' alias tandu.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010