Jakarta (ANTARA News) - PT Kia Mobil Indonesia (KMI), agen tunggal pemegang merek (ATPM) Kia, akan memasarkan medium *sport utility vehicle* (SUV) Sportage pada kuartal IV tahun ini.

"Tadinya kami akan memasukkan sedan Forte, tapi kami batalkan. Kami menilai pasar SUV lebih prospektif digarap dibanding sedan," ujar Direktur Pemasaran KMI Hartanto Kusumo di Jakarta, Jumat.

Dia melanjutkan, Sportage diimpor dalam bentuk terurai (*completely knock down*/CKD dari Korea Selatan. Selanjutnya KMI akan merakit mobil ini di Tanah Air.

Hartanto menerangkan, rencananya KMI akan menawarkan Sportage dalam tiga varian mesin, yaitu 2,0 liter bensin dan diesel dan 2,4 liter bensin. Selain itu, KMI juga menawarkan sistem penggerak roda 4x2 dan 4x4.

"Untuk awal kami rasa yang sesuai itu bensin 4x2. Tapi, belum tahu yang mana kapasitas mesin yang akan dipilih nantinya," lanjut Hartanto.

General Manager Produksi KMI Dirwan WIdjaja menyatakan, tahun ini produksi ditargetkan mencapai 6.600 unit. Namun jika KMI merakit Forte, produksi bisa menembus 6.800 unit. Sedangkan penjualan Sportage untuk tahap awal ditargetkan mencapai 200 unit.

Hingga Juli 2010, penjualan Kia mencapai 3.356 unit, di atas torehan penjualan tahun lalu sebesar 3.106 unit. Hingga akhir tahun Kia menargetkan penjualan dapat mencapai 6.670 unit, dengan target pangsa pasar 1 persen dari total pasar 680 ribu unit.

"Kia termasuk merek Korea yang mampu bersaing di tengah dominasi merek Jepang. Sampai Juli, pangsa pasar kami sudah mencapai 0,76 persen," kata Hartanto.
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010