Jakarta (ANTARA News)- Kia Motors America, Kamis (2/9), mengatakan akan menarik sekitar 35.000 Kia Souls dan Sorentos keluaran 2010 sampai 2011 karena adanya kesalahan pada komponen kabel-kabel kelistrikan yang bisa memantik kebakaran.

Penarikan itu akan meliputi 23.972 Kia Soul keluaran 2010 yang dilengkapi dengan sistem pencahayaan khusus seperti lampu yang dipasang pada 'speaker' depan, yang terletak di panel interior pintu.

11.213 unit Kia Sorento 2011 yang dilengkapi dengan fitur serupa, yang diproduksi dalam edisi terbatas, juga ditarik, demikian kutip Autonews.com.

Otoritas keselamatan lalu lintas AS (National Highway Traffic Safety Administration atau NHTSA) sebelumnya telah menerima laporan terbakarnya panel pintu dari Kia Soul 2010 ketika kendaraan itu sedang dikendarai.

Kia sendiri mengatakan belum ada laporan kecelakaan atai cedera akibat kerusakan itu dan para pemilik kendaraan bermasalah tersebut bisa mematikan fitur tersebut untuk mencegah kerusakan.

Menurut Kia beberapa kabel-kabel kelistrikan dalam kendaraanya disediakan oleh Johnson Controls Inc. itu mungkin dipasang tidak dengan benar. Akibatnya bisa terjadi 'korslet' pada instalasi listrik yang kemudian menyebabkan kebakaran.
(Ber/A038/BRT)
Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010