Jakarta (ANTARA News) - Ford Motor Co., pabrikan mobil asal Amerika Serikat (AS) yang terkenal dengan truk pick up dan sport utility vehicle (SUV) dalam beberapa tahun ke depan akan mengembangkan kendaraan yang lebih kecil, jenis crossover, dan hemat bahan bakar.

Seperti yang diwartakan autoweek.com, Ford berambisi menjadi pemimpin di jajaran kendaraan hemat bahan bakar setelah baru-baru ini baru-baru ini meluncurkan Fiesta dan tahun depan berencana memperkenalkan Focus yang telah didesain ulang.

Yang pasti dalam tiga tahun ke depan Ford akan tampil dengan mengedepankan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, perangkat elektronik mutakhir, mesin, dan teknologi keamanan berkendara.

Karenanya Ford akan menyasar pasar tertentu untuk produk barunya itu seperti pasar yang sadar lingkungan hidup atau kaum muda yang sebelumnya juga menjadi target pemasaran Fiesta.

Demi tujuan itu Ford menyiapkan paket teknologi senilai 700 dollar AS untuk Fiesta yang melingkupi sistem navigasi dan perangkat elektronik seperti MyKey, Sync in-Car communication, dan perangkat hiburan.

Beberapa model yang telah dikenal di Indonesia pun akan diperbaharui dan diperkenalkan dalam waktu tiga tahun ke depan.

Ford Fiesta 2011, misalnya akan tampil dengan model lima dan empat pintu. Pada 2013 rencananya Ford akan meluncurkan varian 'sporty' dari Fiesta yang dilengkapi dengan mesin EcoBoost four-cylinder.

Sementara dari kelas sedan, pada catur wulan pertama 2011, Ford akan meluncurkan Ford Focus yang telah didesain ulang menjadi lebih 'sporty' dan aerodinamis.

Dengan mesin EcoBoost 1,6 sampai 2,0 liter Focus diharapkan keluar dengan harga sekitar 20.000an dollar AS.

Selain dua model itu, Ford juga masih akan mengeluarkan Mustang, Fusion, Taurus, Crown Victoria, EcoSport, C-Max, Edge, Explorer, Ranger, dan masih banyak lagi. (Ber/B010)
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2010