Jakarta (ANTARA News)- Kendaraan serba guna alias multi purpose vehicle (MPV) ternyata tetap menjadi favorit pasar otomotif Indonesia di ajang The 18th Indonesia International Motor Show (IMMS) 2010 di Kemayoran, Jakarta.

Menurut General Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Widyawati, yang ditemui Antara di arena IMMS 2010, Rabu, kendaraan jenis Avanza dan Kijang Innova tetap menjadi kendaraan yang paling diminati oleh para pembeli sejak pameran otomotif terbesar di Indonesia itu dibuka pada Jumat (23/7).

Berdasarkan data yang diterima dari PT TAM, total 892 unit Avanza telah terjual selama lima hari pertama perhelatan IMMS. Selain Avanza, mobil jenis MPV lain yang menjadi incaran pembeli selama adalah Kijang Innova yang telah terjual 394 unit.

Setelah dua kendaraan dari jenis MPV, mobil compact andalan Toyota, Yaris menjadi model berikutnya yang paling laris dengan 177 unit terjual, lalu Rush 136 unit, Fortuner 99 unit, Vios 51 unit, Camry 23 unit, Altis 22 unit, Hilux 13 unit, Dyna 10 unit, dan MPV kelas premium Alphard 5 unit.

Dengan total penjualan selama IMMS mencapai 1.822 unit, Toyota yakin penjualannya semakin meningkat meski mengakui tidak punya target tertentu selama IMMS.

"Kami optimis penjualan selama IMMS akan terus meningkat meski tidak menetapkan target khusus," kata Widyawati.

Akan tetapi ia juga menyayangkan kurangnya minat masyarakat pada kendaraan ramah lingkungan andalan Toyota di IMMS, Prius Hybrid.

"Memang banyak yang melihat dan tertarik pada Prius, tetapi belum ada yang membeli karena harganya yang mahal," ungkap Widyawati.

Widyawati menambahkan tingginya harga Prius disebabkan oleh karena tingginya pajak yang dikenakan pemerintah pada kendaraan ramah lingkungan itu.

"Seharusnya pemerintah memberikan insentif misalnya dari segi pajak kepada kendaraan ramah lingkungan seperti Prius karena membawa banyak manfaat masyarakat," tegas Widyawati.

(Ber/S026)
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010