Jakarta (ANTARA News )- Distributor utama Toyota di Malaysia, UMW Toyota Motor Sdn. Bhd, Rabu (14/7), mengumumkan bahwa Toyota Motor Corp akan segera membangun sebuah pabrik perakitan Toyota Camry di Shah Alam, Malaysia.

Proses perakitan kendaraan yang termasuk kategori mid-size sedan itu akan dikerjakan oleh Assembly Services Sdn Bhd yang merupakan salah satu unit dari UMW Toyota Motor Sdn Bhd.

"Kami akan menginvestasikan lebih dari RM 170 juta untuk mengembangkan Assembly Services dalam tiga tahun kedepan. Kami akan meningkatkan kualitas, otomatisasi dan produktifitas," kata president UMW Toyota, Kuah Kock Heng.

Rencananya produksi lokal Malaysia akan dimulai dalam waktu dua tahun dari sekarang dan menjadi bentuk dukungan terhadap program pemerintah Malaysia dalam mendorong lokalisasi industri mobil.

"Proyek ini merefleksikan dukungan Toyota Motor Corp dan UMW Toyota Motor Sdn Bhd terhadap Malaysian National Automotive Policy," bunyi pernyataan UMW Toyota Motor Sdn Bhd yang merupakan sebuah usaha patungan dari Toyota, Toyota Tsusho Corp. dan UMW Corp. Sdn. Bhd.

UMW Toyota juga berharap proyek ini akan memberi manfaat bagi vendor-vendor lokal dan berkontribusi terhadap industri otomotif Malaysia di masa depan.
(Ber/B010/brt)
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010