Jakarta (ANTARA News) - Produsen mobil asal Jerman, BMW, meluncurkan Gran Turismo sebagai pelopor segmen anyar ke Indonesia.

"Ini sebagai komitmen BMW untuk menghadirkan yang "pertama di dunia". Mobil ini berpredikat pertama dan pelopor di segmen yang sama sekali baru," kata Direktur Utama BMW Indonesia, Ramesh Divyanathan, di Jakarta, Jumat.

Mobil tersebut, menurut Ramesh Divyanathan , memadukan karakter limosin yang prestisius dengan kelincahan "Sport Activity Vehicle" (SAV) serta gaya klasik dalam sentuhan yang modern dan menarik serta berorientasi pada masa depan.

Mobil yang telah memperoleh penghargaan kehormatan desain produk dunia Red Dot Award 2010 ini, lanjut dia, memiliki desain gaya mobil coupi dilengkapi dengan jendela tanpa rangka serta dua buah tailgate.

Penampilan perdana BMW Gran Turismo di depan publik dijadwalkan pada tanggal 23 Juli dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Dan model yang diperkenalkan adalah BMW 535i Gran Turismo.

Dengan harga mencapai Rp1,398 miliar mobil tersebut menggunakan mesin bensin enam silinder yang dilengkapi TwinPowerTurbo, High Precision Injection dan Valvetronic, tenaga maksimum yang mampu dihasilkan mencapai 306 dk pada putaran 5.800 rpm dengan torsi maksimum sebesar 400 Nm dari 1.200 rpm ke 5.000 rpm.

Dengan transmisi otomatis delapan percepatan, menurut dia, mobil mampu mencapai kecepatan 100 kilometer (km) per jam dalam 6,3 detik dengan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 8,9 l per 100 km dengan emisi CO2 sebesar 209 gram per km.

Grup BMW sendiri berhasil menurunkan angka emisi kendaraannya di Eropa sebesar 25 persen pada tahun 2008 dibandingkan dengan tahun 1995.
Copyright © ANTARA 2010