Jakarta (ANTARA) - Stellantis, perusahaan gabungan Fiat Chrysler dan Peugeot Citroen, sedang menyiapkan sistem cerdas untuk mobil-mobil brand di bawahnya, termasuk Jeep dan Fiat, dengan membuat usaha patungan dengan Foxconn.

Stellantis NV dan Hon Hai Precision Industry Co Ltd (Foxconn) bersama dengan anak perusahaannya FIH Mobile Ltd sepakat untuk membentuk Mobile Drive, usaha patungan dengan modal 50/50 yang bertujuan untuk mempercepat jadwal pengembangan untuk menghadirkan pengalaman pengguna dalam kendaraan yang inovatif.

Mobile Drive akan menggabungkan desain kendaraan global dan keahlian teknik Stellantis dengan Foxconn dalam bidang perangkat lunak dan perangkat keras yang berubah dengan cepat dari ponsel cerdas dan elektronik konsumen. 

Kombinasi tersebut akan memposisikan Mobile Drive di garis depan upaya global untuk menghadirkan batas baru kemampuan informasi dan hiburan di dalam kabin, yang terhubung dengan mulus di dalam dan di luar kendaraan tempat mereka dipasang.

"Saat ini, ada sesuatu yang sama pentingnya dengan desain cantik atau teknologi inovatif, yaitu bagaimana fitur-fitur di dalam kendaraan kami meningkatkan kehidupan pelanggan kami,” kata Carlos Tavares, Chief Executive Officer di Stellantis, dikutip Sabtu.

Baca juga: Stellantis dan Nio memangkas produksi karena kekurangan chip

"Perangkat lunak adalah langkah strategis untuk industri kami dan Stellantis bermaksud untuk memimpin dengan Mobile Drive, sebuah perusahaan yang akan memungkinkan pengembangan cepat fitur dan layanan konektivitas yang menandai evolusi besar berikutnya dalam industri kami, seperti halnya teknologi elektrifikasi," tambahnya.

"Mobile Drive akan memenuhi dan melampaui harapan ini dengan tim perancang dan insinyur perangkat lunak dan perangkat keras," kata Ketua Muda Liu di Foxconn.

Usaha patungan yang berbasis di Belanda akan beroperasi sebagai pemasok otomotif, secara kompetitif mengajukan penawaran untuk memasok solusi perangkat lunak dan perangkat keras terkait untuk Stellantis dan pembuat mobil lain yang tertarik. 

Memanfaatkan pengetahuan Foxconn yang luas tentang pengalaman pengguna dan pengembangan perangkat lunak dalam ekosistem seluler, Mobile Drive akan menawarkan solusi kokpit pintar yang mengganggu yang akan mengintegrasikan mobil dengan mulus ke dalam gaya hidup yang berpusat pada seluler pengemudi.

Drive akan fokus pada infotainment, telematika, dan pengembangan platform layanan cloud dengan inovasi perangkat lunak yang diharapkan mencakup aplikasi berbasis kecerdasan buatan, komunikasi 5G, layanan over-the-air yang ditingkatkan, peluang e-commerce, dan integrasi kokpit cerdas.

Foxconn dan Stellantis sebelumnya bermitra dalam pengembangan konsep desain Airflow Vision, yang ditampilkan di CES, acara teknologi paling berpengaruh di dunia. Konsep tersebut mendemonstrasikan pemikiran kedua perusahaan dalam transportasi premium dan pengalaman pengguna generasi mendatang.

Baca juga: Stellantis dan Foxconn siap bermitra kembangkan mobil masa depan

Baca juga: Produksi Jeep Cherokee terhenti karena pasokan semikonduktor tersendat

Baca juga: Stellantis raih kinerja positif setelah merger

Pewarta: S026
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021