Jakarta (ANTARA) - Menjelang Idul Fitri 1442 H, sebagian masyarakat akan menggunakan kendaraan pribadi untuk menyambangi keluarga terdekat atau sekadar mendatangi lokasi wisata di dalam kota.

Mereka yang ingin membeli kendaraan bekas, disarankan juga untuk terlebih dahulu menengok bagian kaki-kaki setelah menguji kesehatan mesin dari kendaraan tersebut.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada keluarga, pemilik juga harus rajin untuk melakukan perawatan pada bagian kaki-kaki yang memiliki peran cukup penting pada sektor kenyamanan. Berikut rangkuman bagian yang perlu diperiksa pada kaki-kaki mobil:

Baca juga: Toyota tarik RAV4 baru karena masalah suspensi

Baca juga: R15 punya warna baru dan suspensi berkelir emas


Suspensi

Suspensi berfungsi sebagai peredam guncangan pada mobil. Guncangan ini sering terjadi saat melewati lubang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga akan sulit terjadi korosi pada komponen tersebut.

Karena terbuat dari bahan anti karat, maka suspensi juga memiliki daya tahan yang tinggi. Meski demikian, apabila suspensi digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kondisinya juga akan mengalami penurunan.

Akibatnya, saat dikendarai, mobil akan terasa limbung, apalagi saat dalam laju kecepatan yang tinggi. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kerusakan pada bagian ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apakah ada suara bising saat mobil melaju.

"Pengecekan juga bisa dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Apabila pada kedua kondisi tersebut mobil terasa limbung, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil," tulis keterangan yang diberikan oleh Suzuki dalam laman resminya yang dikutip Senin.

Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen pada mobil yang mempunyai tugas untuk mencengkeram roda atau titik tumpu pada roda dan juga berperan dalam meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian bushing arm, maka kondisi awal yang akan terdeteksi adalah rasa tidak nyaman.

Cara mudah untuk mengetahui bagian ini mengalami kerusakan yaitu mengamati arah laju mobil. Apabila arah mobil terlihat melenceng baik ke arah kanan atau kiri, maka ini menjadi tanda jika bushing arm harus diperbaiki.

Bearing

Bagian bearing adalah bagian penting lainnya pada kaki kaki kendaraan roda empat. Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil.

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda pada mobil satu persatu. Anda dapat mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

"Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru," lanjut keterangan tersebut.

Ban

Ban merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal atau permukaan jalan lainnya. Ban merupakan sebuah komponen yang paling penting bagu sebuah kendaraan yang kita miliki.

Ketika Anda memeriksa bagian tie rod dan tie long riod lalu terdapat masalah, maka Anda jangan langsung mengakalinya. Tie rod merupakan bagian yang meneruskan pergerakan setir ke mobil.

Untuk mengetahui bagian tie rod mengalami masalah atau tidak bisa dilakukan dengan cara mendongkrak mobil. Apabila sudah terangkat, pegang ban dan gerakkan kekanan dan kekiri seperti mobil akan berbelok. Apabila terdengar bunyi atau gesekan, artinya mobil bermasalah.

Ball Joint

Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi ball joint mengalami masalah atau tidak, silahkan mengeceknya dengan mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.

Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint ini.

Per

Dibandingkan dengan komponen kaki kaki mobil lainnya, per adalah bagian yang jarang bermasalah atau mengalami kerusakan. Meskipun begitu, bukan berarti bagian ini tidak bisa mengalami masalah.

Bahkan, per yang mengalami kerusakan akan sulit terdeteksi. Karena itu, kerusakan pada per baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah.

Beberapa penyebab kerusakan di antaranya disebabkan terkikisnya komponen, pecahnya bushing, rusaknya bantalan per atau ada selang yang terlilit pada bagian spiral.

Velg

Untuk mengetahui kerusakan pada bagian velg tidak jauh berbeda dengan mengetahui kerusakan pada ban. Caranya yaitu cukup dengan melihat kondisi fisiknya. Hal utamanya disini adalah memperhatikan kondisi pada bagian bibir velg, misalnya pecah-pecah, penyok dan retak atau tidak.

Mendeteksi kerusakan pada bagian velg juga bisa dideteksi pada saat mobil berjalan. Apabila saat mobil berjalan velg goyang, maka kemungkinan salah satu velg peyang pada salah satu bagiannya.

Karena itulah memperhatikan kondisi velg penting dilakukan. Sebab velg yang peyang atau bengkok akan memicu velg pecah dan laju atau kendali mobil menjadi liar. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan perawatan dan pengecekan pada bagian ini.

Baca juga: Lamborghini "recall" Aventador SVJ karena kerusakan suspensi

Baca juga: Sepeda Jeep pakai suspensi off road dan motor listrik 1.500W

Baca juga: Suspensi bermasalah, Tesla tarik 30.000 mobil yang diimpor ke China

Pewarta: KR-CHA
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021