Jakarta (ANTARA) - Jenama mewah dari Hyundai, Genesis melakukan program penarikan kembali atau "recall" terhadap kendaraan G80 dan GV80 yang baru dikirim ke Amerika Serikat karena memiliki potensi kebocoran bahan bakar yang dapat membahayakan orang yang berada di dalamnya.

Program ini sudah disampaikan oleh Genesis melalui Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), bahwa tabung yang menghubungkan pompa bahan bakar bertekanan tinggi ke jalur bahan bakar yang tidak memenuhi spesifikasi sehingga memiliki potensi resiko kebocoran dan kebakaran.

Dikutip dari CarsCoops, Rabu, recall ini melibatkan 31 model Genesis G80 yang dilengkapi dengan mesin empat silinder 2.5 liter turbocharged yang diproduksi dari 28 Januari 2021 hingga 5 Februari 2021 di Korea Selatan untuk dijual di AS.

Selain itu, 116 model Genesis GV80 yang dibuat antara 22 Januari 2021. dan 4 Februari 2021 terlibat dalam penarikan kembali tersebut, sehingga total ada 147 kendaraan.

Hyundai mengatakan pihaknya mengetahui masalah ini setelah adanya bau bahan bakar yang berasal dari GV80 2021 yang baru dikirim. Pabrikan mobil melakukan penyelidikan atas masalah tersebut dengan pemasok tabung bahan bakar bertekanan tinggi dan menemukan adanya pemandu sekrup yang rusak dalam proses pembuatan mengakibatkan bentuk tabung bahan bakar yang tidak benar. Hyundai tidak mengetahui adanya kecelakaan atau cedera yang terkait dengan masalah tersebut.

Genesis akan memberi tahu pemilik dan dealer pada akhir Mei 2021 dan menginstruksikan pemilik untuk membawa kendaraan mereka ke dealer terdekat tempat tabung bahan bakar bertekanan tinggi akan diganti.

Baca juga: Hyundai Alcazar, calon pesaing Suzuki XL7 - Honda BR-V

Baca juga: Genesis pecahkan rekor terbangkan 3.281 drone di langit China

Baca juga: Hyundai pertimbangkan penangguhan pabrik lokal karena kekurangan chip

Pewarta: KR-CHA
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021